Comscore Tracker

Terowongan Istiqlal-Katredal Dibangun, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Pengalihan arus lalu lintas hingga Maret 2021

Jakarta, IDN Times - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istiqlal dan Katedral, saat pengerjaan pembangunan Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

"Bila sudah sesuai (rute pengalihan arusnya) akan kami sosialisasikan,” ujar Sambodo saat dihubungi, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Istiqlal Usai Renovasi, Ada Terowongan ke Katedral dan Alat Fitness

1. Pengalihan dimulai pada 20 Januari 2021

Terowongan Istiqlal-Katredal Dibangun, Arus Lalu Lintas DialihkanIDN Times/Ashari Arief

Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di kawasan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pembangunan akan dilakukan pada 20 Januari hingga 31 Maret 2021.

Pengalihan dilakukan agar para pengendara tidak sampai terganggu aktivitasnya. Sehingga, pihaknya masih terus merampungkan ruas-ruas jalan mana yang nantinya akan dilintasi selama ada pengerjaan di sana.

Selain itu, kata Sambodo, sejauh ini sudah dilakukan sosialisasi pemasangan spanduk akan adanya penutupan jalan di sana. Masyarakat diharapkan memaklumi adanya pembangunan ini.

“Sudah terpasang spanduk pengumumannya,” ujar Sambodo.

2. Ini skema pengalihan arus lalu lintas sekitaran Istiqlal-Katredal

Terowongan Istiqlal-Katredal Dibangun, Arus Lalu Lintas DialihkanGereja Katedral Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Lilik Sumardi menambahkan, sejauh ini rencana pengalihan arus di sana adalah kendaraan yang datang dari arah Jalan Banteng Timur ke arah Pasar Baru, dialihkan menuju ke Jalan Banteng Barat.

Lalu yang dari arah Jalan Perwira ke arah Pasar Baru dialihkan ke Pejambon. Namun, sama seperti yang disebutkan Sambodo, kebijakan ini masih bisa berubah.

"Jalan Banteng Timur yang dari MBAL (Gunung Sahari) yang mau ke Pasar Baru dialihkan ke Jalan Banteng Barat. Jalan Perwira yang mau ke Pasar Baru dialihkan ke Pejambon," kata Lilik.

3. Terowongan Silaturahmi direncanakan Presiden Jokowi

Terowongan Istiqlal-Katredal Dibangun, Arus Lalu Lintas DialihkanMasjid Istiqlal (Dok. Humas Damkar DKI Jakarta)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo merencanakan adanya pembangunan Terowongan Silaturahmi antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Wacana itu muncul seiring dengan renovasi Istiqlal.

Jokowi berharap, terowongan tersebut dapat menjadi terowongan silaturahmi kedua tempat ibadah itu.

"Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak nyeberang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Baca Juga: Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya