Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek Soeharto

Disebut tak peduli nasib Shinta, pemerintah membantah

Jakarta, IDN Times - Setelah proses yang panjang, pemerintah akhirnya bisa memulangkan seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang lumpuh, Shinta Danuar. Setibanya di Tanah Air, Shinta kemudian dikunjungi Titiek Soeharto.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya itu menjenguk Shinta di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Raden Said Sukanto di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, (30/11). Dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (1/12), Titiek datang ditemani penyanyi Camelia Malik, dan relawan Rumah Aspirasi Prabowo-Sandiaga, Icko Rahma.

1. Kedatangan Titiek disambut baik oleh orangtua Shinta

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoShinta Danuar dipulangkan ke Indonesia pada Kamis (29/11) (BNP2TKI)

Shinta yang baru saja dipulangkan ke Indonesia pada Kamis (29/11) setelah empat tahun terbaring lumpuh di Taiwan.

Kedatangan Titiek disambut oleh orangtua Shinta dan Agta Reza Perdana, bocah sembilan tahun yang merupakan anak dari buruh migran asal Banyumas, Jawa Tengah itu.

Shinta yang tergolek lemas di atas tempat tidur di ruang perawatan RS Polri, menunjukkan raut wajah bahagia begitu melihat kedatangan Titiek dan rombongan.

2. Titiek ucap syukur Shinta dipulangkan ke Indonesia

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoRumah Aspirasi Prabowo-Sandi via ANTARA

Titiek kemudian menghampirinya dan terlihat beberapa kali mengelus dahi, rambut, dan tangan Shinta sambil mengungkapkan rasa syukurnya karena Shinta bisa dipulangkan ke Indonesia.

"Alhamdulillah Shinta  sudah sampai di Jakarta, kembali berkumpul dengan keluarga, ketemu anaknya, ketemu bapak, ibu, Alhamdulillah bisa kumpulan semuanya. Mudah-mudahan Shinta lebih sehat, lebih baik lagi," kata Titiek, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Terserang Virus Sejak 2014, Pemerintah Pulangkan TKI dari Taiwan

3. Shinta dan ibunya berterima kasih ke Titiek

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoTitiek Soeharto jenguk Shinta di Taiwan (Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi via ANTARA)

Mendengar harapan dan doa serta perhatian dari Titiek, Shinta dengan suara lirihnya mengatakan terima kasih banyak kepada Titiek yang sudah jenguk Shinta, sudah bantu Sinta pulang ke Indonesia.

Ibunda Shinta, Suryati, juga menyampaikan ucapan terima kasih karena untuk kali keduanya Titiek membesuk Shinta. Sebelumnya, Titiek menjenguk Shinta pada Minggu (18/11) saat masih dirawat di Taiwan.

"Ibu (Titiek) ke Taiwan jenguk Shinta, sekarang disini jenguk lagi, makasih banyak ibu, makasih," kata Suryati. "Sama-sama nak (Shinta), ibu (Suryati)," kata Titiek.

Dia minta harus terus berdoa, bersyukur, dan semangat, karena sekarang Shinta sudah kembali dan berkumpul dengan  bapak, ibu, dan anaknya, diharapkan segera pulih

4. Titiek ucap terima kasih ke Pemerintah

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoIDN Times/Irfan Fathurohman

Pada kesempatan tersebut, putri Presiden kedua Soeharto itu juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan semua pihak yang telah membantu memulangkan Shinta ke Tanah Air.

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah yang sudah memulangkan Shinta kembali ke Jakarta. Setelah empat tahun terbaring di Taiwan, akhirnya bisa kembali," kata Titiek.

5. Masalah Shinta dan Pilpres 2019

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dikutip dari situs BNP2TKI, masalah Shinta Danuar ini menjadi ramai diberitakan karena ada pihak yang membawa keluarga Shinta untuk menemui salah satu tim calon presiden yang berlaga di Pemilihan Presiden 2019. Tim capres tersebut kemudian menyebut akan memulangkan karena pemerintah dianggap tidak mampu.

 “Tidak betul pemerintah tidak mampu untuk memulangkan Shinta. Apalagi mengulur-ulur. Pemerintah sanggup untuk memulangkan, namun menunggu notifikasi dari rumah sakit. Selama ini tidak dapat izin dari dokter yang merawat di rumah sakit," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid.

Berdasarkan catatan KDEI Taipei, sakitnya Shinta Danuar bermula tanggal 31 Desember 2014, menjelang sore hari. Shinta tiba-tiba merasakan susah bernapas dan akhirnya dilarikan ke rumah sakit di Taiwan.

Hasil pemeriksaan dokter disampaikan bahwa Shinta Danuar mengalami sakit yang diakibatkan oleh virus di sistem saraf tulang belakang. Sejak saat itu serangkaian tindakan medis telah dilakukan untuk mengupayakan kesembuhan Shinta.

 Sebagai informasi bahwa yang bersangkutan masuk secara resmi ke Taiwan pada tanggal 13 Maret 2014 bekerja sebagai Penjaga Orang Sakit (Caregiver).

 “KDEI Taipei rutin mengunjungi dan memantau kondisi Shinta. Terakhir dilakukan tanggal 10 Oktober 2018 untuk memastikan rencana kepulangannya,” kata Siswadi, selaku Wakil Kepala KDEI Taipei.

6. Kondisi Shinta Danuar stabil

Tiba di Tanah Air, TKI Shinta Danuar Langsung Dijenguk Titiek SoehartoDoc. IDN Times

Berdasarkan pantauan, kondisi terakhir Shinta Danuar cukup stabil dan sadar sehingga bisa berkomunikasi, meskipun suaranya terdengar berbisik. Secara umum, berdasarkan penjelasan tim medis Heping Hospital Hsinchu, Shinta dapat merespons dengan baik setiap pertanyaan.  

Nusron Wahid mengatakan, hingga kini Shinta masih tergantung dengan alat medis. Pemulangan Shinta ke Tanah Air sangat memperhatikan aspek ini. 

 Pada akhir Maret 2018, pihak keluarga yang diwakili ibu dan anak Shinta Danuar menjenguk langsung ke rumah sakit. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya