TNI Bantah Anggotanya Terlibat Penganiayaan Sopir Kontainer di Jakut

TNI imbau masyarakat tidak ceroboh sebut institusi TNI

Jakarta, IDN Times - Pusat Penerangan (Puspen) TNI memberi klarifikasi terkait peristiwa penganiayaan yang dilakukan pengemudi mobil Pajero Sport terhadap sopir truk kontainer di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (26/06/2021). Dalam video yang beredar luas di media sosial, tampak ada seorang pria yang mengenakan baju loreng sehingga peristiwa tersebut sempat dihubung-hubungkan dengan instituasi TNI.

Atas peristiwa ini, Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI Kolonel Laut Edys Riyanto, memastikan pelaku merupakan warga sipil, bukan anggota TNI.

“Kepada masyarakat agar tidak ceroboh dalam menyebutkan Institusi TNI dalam unggahan video pada kejadian apa pun,” kata Edys lewat keterangan tertulisnya, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pengendara Pajero yang Rusak Truk di Jakarta Utara

1. Pelaku merupakan mantan pelaut

TNI Bantah Anggotanya Terlibat Penganiayaan Sopir Kontainer di JakutKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Kepolisian telah mengungkap identitas pengendara mobil Mitsubishi Pajero Sport yang menganiaya sopir truk di Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara, pada Sabtu, 26 Juni 2021. Pria berinisial OK alias OT ini ditangkap Polres Metro Jakarta Utara di Bandara Soekarno-Hatta.

“Pekerjaannya adalah outsorching, dulu mantan pelaut dia bukan angkatan laut yang disebutkan ramai-ramai di medsos, saya pertegas lagi mantan pelaut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polres Metro Jakarta Utara, Senin (28/6/2021).

2. Pelaku ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

TNI Bantah Anggotanya Terlibat Penganiayaan Sopir Kontainer di JakutIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Yusri menjelaskan, pelaku berhasil ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada pukul 07:40 WIB. Berdasarkan data manifes, pelaku diperkirakan hendak melarikan diri ke Surabaya.

"Yang bersangkutan mungkin setelah mulai ramai melihat adanya pemberitaan ini kemudian akan coba melarikan diri ke Surabaya, jadi berhasil kita amankan di Bandara (Soekarno-Hatta)," tutur Yusri.

Baca Juga: Fakta-fakta Pengendara Pajero Aniaya Sopir Truk di Jakarta Utara

3. Menggunakan pelat nomor palsu

TNI Bantah Anggotanya Terlibat Penganiayaan Sopir Kontainer di JakutVideo viral penyerangan sopir truk oleh pengendara mobil pajero di Jakarta Utara. (instagram.com/romansasopirtruck)

Sementra itu, pelaku juga diketahui menggunakan plat nomor polisi palsu. Saat kejadian, pelaku menggunakan plat nomor B 1861 QH. Yusri sebut nomor asli dari kendaraan itu adalah B 1086 VJA.

“Ini dia ketok sebenarnya kendaraannya itu mati, kendaraan sudah mati masa berlakunya tanggal 12/5/2020. Ini salah satu motif kenapa dia ganti dengan nomor palsu karena kendaraannya ini sudah tidak berlaku lagi sejak bulan Mei 2020,” ujar Yusri.

4. Pelaku mengaku emosi

TNI Bantah Anggotanya Terlibat Penganiayaan Sopir Kontainer di JakutVideo viral penyerangan sopir truk oleh pengendara mobil pajero di Jakarta Utara. (instagram.com/romansasopirtruck)

Berdasarkan pemeriksaan yang bersangkutan, Yusri sebut pelaku mengaku emosi karen diklakson oleh pengendara truk kontainer yang berada tepat di belakangnya.

“Bahkan dua kali sudah sempat dilerai oleh orang yang di jalan yang menggunakan kaos tni tersebut. Udah dilerai sebenarnya, tetapi masih dengan emosi lagi setelah meminggirkan kendarannya turun lagi bahkan memecahkan kaca daripada trailer tersebut,” ujar Yusri.

Akibat peristiwa ini, polisi akan melakukan pemeriksaan kejiwaan termasuk cek urine untuk memastikan si pelaku sedang tidak mabuk saat kejadian. 

“Apakah kemungkinan yang bersangkutan sudah makai narkoba atau belum nanti kita cek urine. Tapi untuk cek COVID-nya sudah kami lakukan, karena memang ini SOP kami, setiap ada tersangka yang mau diperiksa kita lakukan swab antigen. Yang bersangkutan negatif,” ujar Yusri.

Baca Juga: Catat! Ini Promo Mitsubishi Xpander, All New Pajero, dan Eclipse Cross

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya