Comscore Tracker

TNI dan Polda Papua Tunggu TPNPB-OPM Serahkan Nakes Gerald Sokoy

TPNPB-OPM berjanji akan menyerahkan Gerald Sokoy

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Daerah Papua masih menunggu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengantarkan seorang tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan polisi hingga saat ini belum bisa memastikan keberadaan Gerald Sokoy.

“Bila benar dia berada bersama mereka setelah ditemukan saat menyelamatkan diri maka kami akan menunggu pernyataan dari mereka, yang akan menyerahkan ke pihak gereja," kata Komandan Kodem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan dikutip dari ANTARA, Jumat (24/9/2031).

1. Polda Papua belum bisa memastikan keberadaan Gerald Sokoy

TNI dan Polda Papua Tunggu TPNPB-OPM Serahkan Nakes Gerald SokoyKapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

Senada dengan Izak, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan pihaknya juga belum bisa memastikan keberadaan Gerald Sokoy. Meski ramai informasi Gerald bersama TPNPB-OPM di sekitar Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Kami belum bisa memastikan apakah benar yang bersangkutan ada bersama KKB atau tidak dan bagaimana kondisinya,” kata Fakhiri.

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok: Saya Tidak Ingin Kembali Bertugas 

2. Polisi tidak menemukan Gerald Sokoy di sekitar Distrik Kiwirok

TNI dan Polda Papua Tunggu TPNPB-OPM Serahkan Nakes Gerald SokoyKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bakar fasilitas umum di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021). (dok. Satgas Nemangkawi)

Fakhiri menjelaskan, berdasarkan hasil pencarian sejak terjadi kontak tembak dan pembakaran sejumlah fasilitas di Kiwirok, tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan Gerald Sokoy.

"Pencaharian di sekitar (Distrik) Kiwirok sudah dilakukan tetapi hingga kini belum diketemukan," kata Fakhiri.

3. TPNPB-OPM klaim menyelamatkan Gerald Sokoy saat tersesat

TNI dan Polda Papua Tunggu TPNPB-OPM Serahkan Nakes Gerald SokoyTenaga kesehatan, Gerald Sokoy di markas TPNPB-OPM. (dok. TPNPB-OPM)

Sementara itu, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan Gerald Sokoy ditemukan oleh TPNPB-OPM karena tersesat saat melarikan diri saat penyerangan nakes di Kiwirok. 

Sebby membantah, pihaknya menyandera Gerald dan memastikan kondisinya dalam keadaan sehat.

“Selama kurang lebih 10 hari, Mantri Gerald Sokoy bersama pasukan TPNPB-OPM Kodap 15 Ngalum Kupel dalam kondisi sehat dan bukan disandera,” kata Sebby lewat keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2021).

TPNPB-OPM melalui Lamek Taplo akan menyerahkan Gerald Sokoy melalui pihak gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat.

“Semua peristiwa yang terjadi selama ini simpang siur, itu Gerald Sokoy akan jelaskan kepada publik terkait dokter bersenjata dan nasib nakes yang korban meninggal dunia,” ujar Sebby.

Baca Juga: TNI dan Nakes Korban KKB Kiwirok Bantah Dokter Restu Pegang Senjata

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya