TNI-Polri Tembak Mati Tiga Anggota KKSB di Intan Jaya Papua

Tiga anggota KKSB disebut berusaha merampas senjata petugas

Jakarta, IDN Times - Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati tiga orang anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) karena berusaha merampas senjata aparat gabungan di Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel CZI IGN Suriastawa menjelaskan, kejadian itu bermula, saat Tim TNI melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda anggota Satgas Yonif R 400/BR dan memeriksa seorang laki-laki.

“Saat pemeriksaan, orang tersebut (yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau) tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang,” kata Suriastawa lewat keterangan tertulisnya, Selasa (16/2/2021).

1. Pelaku sempat terjun ke jurang

TNI-Polri Tembak Mati Tiga Anggota KKSB di Intan Jaya PapuaKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Tim terpaksa menembak Bagau setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan. Bagau pun mengalami luka tembakan di bagian tangan akibat lompat ke jurang.

“Beberapa waktu kemudian, diperoleh informasi dari warga adanya 1 orang warga dengan luka tembak (diduga KKSB) dibawa ke Puskesmas oleh Kepastoran Gereja Katolik Bilogai, dan beberapa orang masyarakat lainnya,” ujar Suriastawa.

Setelah dilakukan pengecekan dan dicocokkan dengan KTP yang didapatkan saat pemeriksaan, Suriastawa memastikan orang tersebut adalah Janius Bagau salah satu anggota KKSB yang sering melakukan aksi teror di Sugapa.

“Dan menjadi salah satu penanda tangan surat pernyataan perang kepada TNI-Polri beberapa waktu yang lalu,” ujar Suriastawa.

Baca Juga: TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Seorang Anggota TNI di Papua

2. Janius Bagau dihampiri dua rekannya dan melakukan upaya kabur

TNI-Polri Tembak Mati Tiga Anggota KKSB di Intan Jaya PapuaPrajurit TNI AD berjaga di depan halaman Bank BNI wilayah Jayapura di Kota Jayapura, Papua pada 2 September 2019. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Saat mendapatkan perawatan di Puskesmas Sugapa, Janius Bagau didatangi oleh dua orang rekannya. Ketiganya berusaha melarikan diri, menyerang dan berusaha merampas senjata dari aparat gabungan TNI-Polri yang berjaga di Puskesmas.

“Dengan sigap aparat melumpuhkan ketiga orang itu hingga tewas,” kata Suriastawa.

3. Dipastikan tiga korban tembak merupakan anggota KKSB

TNI-Polri Tembak Mati Tiga Anggota KKSB di Intan Jaya PapuaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Suriastawa memastikan ketiganya merupakan anggota KKSB. Hal itu terlihat dari barang bukti yang ada di tempat perkara kejadian diantaranya surat pernyataan perang oleh KKSB.

“Dipastikan ketiganya merupakan anggota dari KKSB yang selama ini sering melakukan aksi teror dan penyerangan terhadap masyarakat dan aparat keamanan di Sugapa,” ujarnya.

Dia mengatakan, Janius Bagau dan Januarius Sani keduanya turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI Polri yang beberapa waktu yang lalu.

“Sudah dikoordinasikan dengan Pemda setempat untuk pengurusan tiga jenazah KKSB itu,” kata dia.

Baca Juga: Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya