Comscore Tracker

Tolak Jabatan Wamendikbud, Abdul Mu’ti: Saya Merasa Tidak Mampu

Abdul Mu’ti sempat menerima tawaran

Jakarta, IDN Times - Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menolak kursi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) yang diproyeksikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo kepadanya. Abdul Mu'ti menyebut alasan penolakan itu lantaran dia merasa tak mampu untuk menempati posisi di Kabinet Indonesia Maju tersebut.

“Saya merasa tidak akan mampu mengemban amanah yang sangat berat itu. Saya bukanlah figur yang tepat untuk amanah tersebut,” kata pria yang juga menjabat Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2019-2023 itu lewat akun Facebooknya, Rabu (23/12/2020).

1. Abdul Mu’ti sempat menerima tawaran Mensesneg dan Mendikbud

Tolak Jabatan Wamendikbud, Abdul Mu’ti: Saya Merasa Tidak MampuKetua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Abdul Mu'ti (ANTARA/Indriani)

Dalam unggahannya itu, ia bercerita beberapa waktu lalu telah dihubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Ia pun sempat menjawab untuk bersedia.

“Tetapi, setelah mengukur kemampuan diri, saya berubah pikiran. Semoga ini adalah pilihan yang terbaik. Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju dalam jabatan wakil menteri,” ujar dia.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Resmi Lantik 5 Wakil Menteri Kabinet

2. Jokowi lantik 5 wakil menteri

Tolak Jabatan Wamendikbud, Abdul Mu’ti: Saya Merasa Tidak MampuPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi hari ini melantik lima wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan wakil menteri tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi, yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Sebelumnya dalam daftar undangan agenda pelantikan, nama Mu'ti masih sempat tercantum sebagai calon wakil menteri.

3. Ini 5 nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini

Tolak Jabatan Wamendikbud, Abdul Mu’ti: Saya Merasa Tidak MampuPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Berikut lima orang yang dilantik Jokowi sebagai wakil menteri hari ini.

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: Pahala Mansury, Wamen BUMN Baru yang Bakal Dampingi Erick Thohir

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya