Comscore Tracker

TPNPB-OPM Minta Bupati Yahukimo Setop Pembangunan Markas TNI-Polri

TPNPB-OPM bertanggung jawab atas serangan di Suru-suru

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru, Yahukimo, Papua, pada Sabtu (20/11/2021). Penyerangan itu mengakibatkan seorang anggota TNI tewas ditembak dan seorang lainnya mengalami luka tembak.

Atas peristiwa ini, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, meminta pemerintah daerah Yahukimo untuk membuat markas TNI-Polri.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo dalam hal ini bupati, wakil bupati dan SKDA berhenti memberikan izin pembangunan Mako Brimob di Yahukimo serta Koramil di Suru-suru,” kata Sebby kepada IDN Times, Minggu (21/11/2021).

1. TPNPB-OPM imbau masyarakat sipil keluar dari Yahukimo

TPNPB-OPM Minta Bupati Yahukimo Setop Pembangunan Markas TNI-PolriSeorang Satgas Nemangkawi mengalami luka tembak di bagian leher saat evakuasi 11 karyawan PT IndoPapua di Yahukimo, Papua, Senin (23/8/2021). (Dok. Satgas Nemangkawi)

TPNPB-OPM menyatakan bertanggung jawab atas tewasnya Sertu Ari Baskoro. Sebby juga mengimbau masyarakat sipil non-Papua agar meninggalkan Yahukimo.

“Karena Yahukimo termasuk dalam perhitungan 34 Komnas TPNPB-OPM, maka perang jelas tidak akan berhenti,” ujar Sebby.

“Berhenti Pesawat yang ditumpangi anggota teroris Yaitu TNI-Polri karena saya dan pasukan akan tembak Jadi masyarakat jangan ikut. Perang tetap berlanjut sampai kita merebut kemerdekan Papua,” sambungnya.

Baca Juga: KKB Serang Koramil Suru-suru Yahukimo, Satu Prajurit Tewas Tertembak

2. Penyerangan dilakukan KKB pimpinan Tendius Gwijangge

TPNPB-OPM Minta Bupati Yahukimo Setop Pembangunan Markas TNI-PolriTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Cristian Irreuw mengatakan pelaku penyerangan terhadap Koramil Suru-suru adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge. Menurut dia, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap Kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan personel bersiaga dan meningkatkan patroli.

"Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka," kata Irreuw dikutip dari ANTARA, Minggu (21/11/2021).

3. KKB menyerang Posramil dengan jumlah banyak

TPNPB-OPM Minta Bupati Yahukimo Setop Pembangunan Markas TNI-PolriTentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Irreuw menjelaskan, belum ada laporan lengkap tentang kronologi tertembaknya dua prajurit yang berujung salah seorang di antaranya gugur. Sejauh ini, kejadian diketahui pada pukul 06.00 WIT.

KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Menurut Irreuw, baku tembak terjadi hingga pukul 12.00 WIT.

"Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti," kata Irreuw.

Baca Juga: 2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua Dievakuasi

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya