Comscore Tracker

TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di Papua

Gerald Sokoy 12 hari berada di markas TPNPB-OPM

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) akhirnya menyerahkan seorang tenaga kesehatan (nakes), Gerald Sokoy, kepada keluarga lewat Bupati Pegunungan Bintang, Papua, Spei Yan Bidana.

Gerald Sokoy sebelumnya sempat hilang setelah terjadi penyerangan nakes di Kiwirok pada Senin (13/9/2021) lalu. Menurut TPNPB-OPM, mereka menemukan Gerald saat mantri tersebut tersesat dan kemudian tinggal di markas TPNPB-OPM selama 12 hari. 

“Beliau (Gerald Sokoy) dikembalikan oleh TPNPB-OPM Kodap XV Ngalum Kupel kepada pihak Pemda Pegunungan Bintang dalam kondisi sehat walafiat,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom lewat keterangan tertulisnya, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: 1 Mantri Hilang Saat Penyerangan Kiwirok, Ada di Markas TPNPB-OPM 

1. Gerald Sokoy diserahkan TPNPB-OPM di Distrik Okika

TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di PapuaTenaga kesehatan, Gerald Sokoy di markas TPNPB-OPM. (dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, Gerald diserahkan ke tim Pemda Pegunungan Bintang di Distrik Okika pada Sabtu (25/9/2021). Setelah itu Gerald langsung diterbangkan menuju Sentani untuk diserahkan ke keluarga.

“Perlu diingat, Gerald Sokoy bukan disandera tapi diamankan sementara di Markas Ngalum Kupel selama 12 hari sampai situasi kondusif,” ujar Sebby.

Sesampainya di Sentani, Pemda Pegunungan Bintang langsung menyerahkan Gerald Sokoy kepada keluarga. Penyerahan itu disaksikan oleh TNI-Polri, LBH Papua, DPR Papua, DPRD, dan Komnas HAM.

2. Satgas Nemangkawi mempertebal pengamanan di Kiwirok

TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di PapuaTenaga kesehatan, Gerald Sokoy di markas TPNPB-OPM. (dok. TPNPB-OPM)

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyatakan, personel Satgas Nemangkawi yang ditugaskan ke Kiwirok akan melakukan penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Saat ini personel dari satgas Nemangkawi sudah berada di Kiwirok, dan akan melakukan penegakan hukum terhadap anggota KKB yang melakukan teror ke masyarakat.

“Selain itu, penambahan personel dari Satgas Nemangkawi juga agar olah TKP dapat segera dilaksanakan mengingat dalam insiden itu ada warga sipil yang juga tenaga kesehatan menjadi korban, baik meninggal maupun luka-luka karena dianiaya,” tutur Mathius dikutip dari ANTARA.

3. Penguatan personel di Kiwirok hingga situasi aman

TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di PapuaKapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

Ia mengatakan, perkuatan personel di Kiwirok terus dilakukan agar wilayah itu kembali aman dari kelompok kriminal bersenjata yang dipimpin Lamek Taplo.

"Personel dari Satgas Nemangkawi akan bertugas di Kiwirok hingga wilayah itu dinyatakan aman," ucap Irjen Pol Fakhiri seraya mengaku teror menyebabkan satu nakes meninggal akibat luka dianiaya KKB.

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Senpi KKB, Ternyata PNS di Yahukimo

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya