Tukang Ojek Jadi Korban Penembakan OTK di Puncak Papua

Korban selamat dan dirawat di RSUD Mimika

Jakarta, IDN Times - Seorang tukang ojek ditembak oleh orang tak dikenal (OTK) di Kali Ilame, Kampung Wako, Kanupaten Puncak, Papua, Senin (4/10/2021) pukul 16.00 WIT.

Penembakan terjadi ketika korban, Jusalim (48) mengantarkan penumpang ke daerah Distrik Gome. Dalam perjalanan balik ke arah Ilaga, tepatnya di Kali Ilame korban di hentikan oleh dua orang pelaku.

“Pelaku meminta kepada korban untuk mengantarkan salah satu dari dua orang tersebut untuk kembali ke arah Gome untuk mengambil barang di rumahnya,” kata Kasatgas Humas Satgas Nemangkawi Kombes Pol Musthofa Kamal lewat keterangan tertulisnya, Selasa (5/10/2021).

1. OTK menodongkan senjata ke kepala korban

Tukang Ojek Jadi Korban Penembakan OTK di Puncak PapuaKabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal (ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

Korban dan salah satu pelaku tersebut kembali ke tempat awal korban mengangkut teman pelaku, yang mana pelaku lainnya telah menunggu di dekat Jembatan Permanen Gome.

“Kemudian pada saat teman pelaku yang di belakang korban turun, temannya yang berada di dekat Jembatan tersebut mendekati korban dari arah belakang dan langsung mengarahkan 1 buah pistol ke arah muka korban serta langsung ditembakkan,” ujar Kamal.

Baca Juga: Evakuasi Jenazah Nakes Gabriela Meilani di Papua Diwarnai Penembakan

2. Korban berhasil menghindari todongan senjata yang ditembakkan

Tukang Ojek Jadi Korban Penembakan OTK di Puncak PapuaIDN Times/Arief Rahmat

Akan tetapi korban sempat menolehkan kepalanya ke arah kiri sehingga tembakan tersebut mengenai pipi kanan korban dan selanjutnya korban langsung memacu sepeda motornya ke arah Pos Raider Yonif 521 untuk meminta bantuan dan pertolongan.

“Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Ilaga untuk mendapatkan pertolongan medis dan mendapatkan penanganan medis, kondisi korban dalam keadaan sadar,” ujar Kamal.

Saat ini, identitas pelaku tersebut masih dalam proses penyelidikan. Barang bukti yang diamankan terdapat satu buah helm wana hijau dengan nomor 085 milik korban, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter MX berwarna Merah-Hitam.

3. Korban berhasil selamat dan dilarikan ke Mimika

Tukang Ojek Jadi Korban Penembakan OTK di Puncak PapuaIlustrasi (ANTARA FOTO/Evarianus Supar)

Kamal menjelaskan, pihak kepolisian telah mendatangi TKP dan meminta keterangan dari korban. Polisi juga langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku. Saat ini kasus tersebut tengah ditangani oleh Polres Puncak.

“Korban saat ini sedang mendapatkan perawatan di Puskesmas Ilaga, dan untuk keadaan korban saat ini dalam keadaan sadar. Korban di rencanakan akan dirujuk ke RSUD Mimika pada hari hari ini untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut di Rumah Sakit Kabupaten Mimika terkait luka yang dialami korban,” ujar Kamal.

Baca Juga: Kronologi Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Wafat di Hotel Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya