UGM Batalkan Ceramah UAS, Dahnil: Kampus Sudah Kehilangan Identitas

Ustaz Abdul Somad semula dijadwalkan ke UGM pada Sabtu esok

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap pihak pimpinan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang membatalkan ceramah Ustaz Abdul Somad

“Saya sesalkan sikap UGM tsb. Kampus telah kehilangan identitasnya sbg "University" dimana, Kampus adalah rumahnya diversity (perbedaan, Keberagaman) pandangan lahir,” kata Dahnil lewat akun Twitternya, Rabu (9/10).

1. Dahnil sebut pimpinan UGM rezim politik anti-perbedaan

UGM Batalkan Ceramah UAS, Dahnil: Kampus Sudah Kehilangan IdentitasIDN Times/Irfan Fathurohman

Peneliti Senior Institute Kajian Strategis UKRI itu menyayangkan sikap pimpinan UGM bertindak represif melarang Intelektual seperti Abdul Somad menyampaikan gagasannya di UGM.

“Pimpinan UGM telah berubah bak rezim politik yg anti perbedaan,” ujar Dahnil.

2. Dahnil sayangkan insan cendikia UGM yang hanya terdiam

UGM Batalkan Ceramah UAS, Dahnil: Kampus Sudah Kehilangan IdentitasIDN Times/Tunggul Kumoro

Juru Bicara Prabowo Subianto itu mengaku malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh pimpinan UGM. Dahnil juga sesalkan insan cendekia di UGM diam terhadap pelarangan terhadap Ustadz Abdul Somad.

“Terus terang sebagai salah satu orang yang hidup di kampus, tumbuh berkembang sebagai dosen dan peneliti, saya malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh Pimpinan UGM,” ujar Dahnil.

Baca Juga: Klarifikasi Ustaz Abdul Somad Soal Ceramah Salib yang Jadi Viral

3. Warganet pamer rencana UAS ceramah di Inggris

UGM Batalkan Ceramah UAS, Dahnil: Kampus Sudah Kehilangan IdentitasIDN Times/Irfan Fathurohman

Cuitan Dahnil ditanggapi banyak netizen dengan beragam komentar. Salah satunya pemilik akun @readfar. Ia mengomentari cuitan Dahnil dengan pamer rencana UAS ceramah di tiga kota besar di Inggris.

“Oktober ini, UAS mendapat undangan Human Aid Initiative (HAI) untuk berceramah di negeri yang terkenal dengan kekuatan ekonomi dan politiknya di dunia. UAS dijadwalkan mengisi di 3 kota terbesar Inggris sekaligus, yaitu London, Manchester, dan Brimingham,” kata dia.

4. UAS harusnya ceramah di UGM Sabtu besok

UGM Batalkan Ceramah UAS, Dahnil: Kampus Sudah Kehilangan IdentitasIDN Times/Irfan Fathurohman

Diberitakan sebelumnya, UGM membatalkan kuliah umum Abdul Somad, yang sedianya digelar pada Sabtu (12/10) besok. Keputusan tersebut diambil oleh pimpinan kampus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, selain Ustaz Abdul Somad, kuliah umum itu rencananya akan diisi juga oleh Prof Heddy Shri Ahimsa Putra.

Baca Juga: UGM Batalkan Kuliah Umum Ustad Abdul Somad

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya