Comscore Tracker

[UPDATE] Polda Metro Temukan 276 Pemudik Arus Balik Positif COVID-19

Sebanyak 65 pemudik diisolasi ke Wisma Atlet

Jakarta, IDN Times - Pos penyekatan arus balik mudik Lebaran 2021 Polda Metro Jaya menemukan 276 pemudik yang memasuki DKI Jakarta, positif COVID-19. Jumlah tersebut merupakan akumulasi selama 16-20 Mei 2021.

“Jumlah kendaraan yang sudah dilakukan pemeriksaan sekitar 11.994 kendaraan baik roda dua, roda empat, maupun di kendaraan umum di 14 titik,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: Anies: 148 Pemudik Terkonfirmasi Positif COVID-19

1. Sebanyak 65 pemudik diisolasi ke RSD Wisma Atlet

[UPDATE] Polda Metro Temukan 276 Pemudik Arus Balik Positif COVID-19Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Selain itu, Polda Metro Jaya juga sudah membawa 65 pemudik yang reaktif ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dan 120 orang isolasi mandiri. Sementara, sebanyak 91 lainnya dirujuk ke rumah sakit sesuai domisilinya.

“Sedangkan yang non-reaktif 49.148, ini warga DKI Jakarta yang melaksanakan mudik kemarin,” kata Yusri.

2. Pemeriksaan antigen dilakukan untuk menekan klaster pemudik

[UPDATE] Polda Metro Temukan 276 Pemudik Arus Balik Positif COVID-19Ilustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Arus balik ini, kata Yusri, menjadi perhatian serius bagi Polda Metro Jaya untuk menekan angka kasus COVID-19. Terlebih, untuk mengantisipasi klaster pemudik yang sudah terjadi di beberapa wilayah.

“Kita lakukan pemeriksaan di lain tempat, di rumah langsung maupun di polsek yang kita siapkan pos pengamanan, rapid antigen gratis dan juga kita datangi langsung ke rumah para pemudik yang sudah distempeli stiker oleh para RT, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa,” kata dia.

Polda Metro, kata Yusri, mempredisksi puncak arus balik terjadi pada Jumat (21/5/2021) hingga Minggu, 23 Mei 2021.

“Karena 24 (Mei) nantinya masuk kantor, sehingga ada prediksi sampai Minggu nanti ini akan cukup padat masuk kembali Jakarta melalui jalur darat, laut, udara, dan juga dari jalur Jawa dan Sumatra,” sambung dia.

3. Polda Metro Jaya siapkan 14 pos penyekatan arus balik

[UPDATE] Polda Metro Temukan 276 Pemudik Arus Balik Positif COVID-19Petugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik penyekatan dan pemeriksaan surat keterangan bebas COVID-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis.

Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas COVID-19.

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas COVID-19, maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif COVID-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR.

Polda Metro Jaya memberlakukan operasi pemeriksaan pada arus balik hingga 24 Mei 2021, guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca Juga: Tambah! Pos Penyekatan Arus Balik Temukan 192 Pemudik Positif COVID-19

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya