Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUI

Apa penjelasan UAS terhadap kasus ceramahnya ini?

Jakarta, IDN Times - Video viral ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) soal salib berbuntut panjang. UAS dilaporkan oleh sekelompok orang yang menamakan diri Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dengan dugaan penistaan agama ke Mabes Polri pada Senin (19/8).

Laporan disampaikan ke polisi karena ceramah UAS dianggap mengganggu ketertiban umum.

1. MUI undang UAS untuk klarifikasi ceramah salib

Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUIIDN Times/Irfan Fathurohman

Menanggapi polemik ceramah UAS yang menjadi perdebatan antar umat, MUI kemudian mengundang tokoh agama asal Riau itu untuk melakukan klarifikasi.

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” kata Waketum MUI Zainut Tauhid, lewat keterangan tertulisnya, Rabu (21/8).

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Dianggap Nistakan Agama, Ini Respons MUI

2. MUI menjadi mediator

Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUIIDN Times/Irfan Fathurohman

MUI mengundang UAS dalam rangka klarifikasi atau tabayyun videonya yang belakangan viral. Hal tersebut sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI, Selasa, (20/8) yang menyepakati akan mengundang Ustaz Abdul Somad (UAS) untuk bersilaturahmi sekaligus klarifikasi.

“MUI ingin memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. Kami berharap masalah ini cepat bisa diselesaikan sehingga tidak berlarut,” kata Zainut Tauhid.

3. UAS tiba di MUI

Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUIIDN Times/Irfan Fathurohman

Pantauan IDN Times, UAS tiba di MUI pukul 16.00 WIB. Tanpa sepatah kata, UAS hanya terdiam sambil menerobos kerumunan wartawan. Sesekali ia tersenyum sambil terus menerobos blokade wartawan.

4. GMKI melaporkan UAS

Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUIIDN Times/Axel Jo Harianja

GMKI melaporkan video tersebut karena menilai pernyataan UAS yang mengaitkan salib dengan jin kafir tersebut dapat mengganggu ketenangan masyarakat.

Meski membuka peluang untuk bertemu atau menyelesaikan masalah ini dengan berdamai, GMKI mengatakan bahwa proses hukum tetap harus berjalan.
Dengan demikian, menurut GMKI, proses hukum dapat menimbulkan efek jera bagi Ustaz Somad dan pihak lainnya.

Baca Juga: Polri Masih Mengkaji Pelaporan Terhadap Abdul Somad

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya