Comscore Tracker

Warga Nimboran Tertembak, Polres Jayapura Periksa Bripka PY 

Penembakan warga berujung pembakaran Polsek Nimboran

Jakarta, IDN Times - Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboe mengatakan, saat ini Bripka PY yang menembak seorang warga Kampung Pobaim di Distrik Nimboran, Jayapura, Papua, bernama Frederik Sem, sedang diperiksa Propam Polres Jayapura. 

“Anggota sudah mendata dan menghimpun keterangan dari berbagai pihak, sedangkan Bripka PY yang diduga memberikan tembakan peringatan namun pelurunya mengenai korban Fredik Sem (22) kini diamankan Propam Polres Jayapura," kata Fredrickus dikutip ANTARA, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Tembak Mati Anggota KKB Kopengga Enumbi

1. Polisi pastikan korban tidak meninggal dunia

Warga Nimboran Tertembak, Polres Jayapura Periksa Bripka PY Ilustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Fredrickus menjelaskan, PY akan dimintai keterangannya terkait insiden penembakan itu. Saat ini, situasi di Distrik Nimboran juga diklaim telah kondusif setelah Polsek Nimboran dibakar warga. 

Pembakaran Polsek Nimboran itu dilakukan secara spontan oleh warga, setelah mendengar kabar korban meninggal dunia akibat luka tembak yang dia alami.

"Namun ternyata kondisi Sem terus membaik dan saat ini dirawat di RS Bhayangkara, Kotaraja," kata Fredrickus. 

2. Frederik Sem mabuk sambil menghadang kendaraan warga

Warga Nimboran Tertembak, Polres Jayapura Periksa Bripka PY Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, peristiwa itu bermula pada Senin (2/8/2021) pagi, ketika Sem mengadang kendaraan yang melintas di jalan raya Pobaim-Genyem yang berada di Kampung Worambaim. 

Frederik yang diduga mabuk meminta pengendara membayar sejumlah uang, hingga akhirnya didatangi polisi Nimboran. Polisi mencoba menangkap Frederik Sem yang terus melawan aparat.

“Bahkan mereka menyerang dengan menggunakan linggis ke anggota Polsek yang berupaya mengamankan mereka,” kata Kapolda Papua.

3. Bripka PY memberikan tembakan peringatan namun peluru mengenai Fredrik

Warga Nimboran Tertembak, Polres Jayapura Periksa Bripka PY Ilustrasi pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Mathius mengatakan, dari laporan yang diterima terungkap, Bripka PY berupaya memberikan tembakan peringatan namun pelurunya mengenai korban, hingga langsung dievakuasi ke RS Youwari, Doyo.

“Korban sempat dilaporkan meninggal sehingga keluarga langsung menyerang dan melakukan pembakaran terhadap Mapolsek Nimboran,” ujarnya.

Mathius memastikan, peristiwa pembakaran polsek ini tidak ada korban jiwa, namun seluruh bangunan dilaporkan ludes terbakar.

Baca Juga: Warga Ditembak Mati Jadi Alasan Keluarga Bakar Polsek Nimboran Papua

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya