Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagih

Pedasnya menggugah selera banget nih, wajib coba!

Salah satu julukan yang paling dikenal oleh sebagian besar orang pada kota ini adalah Bumi Wali. Kota mana lagi kalau bukan Tuban yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Ya, salah satu kabupaten Jawa Timur ini dikenal sebagai Bumi Wali, dikarenakan terdapat ratusan makam para wali penyebar Islam yang bersemayam di sini. Sehingga penduduknya pun mayoritas beragama Islam.

Eits, tak hanya itu, seperti halnya kota-kota di Indonesia yang lain, Tuban juga memiliki berbagai kuliner khas, lho. Salah satu kuliner khas Bumi Wali yang patut dicoba adalah berbagai jenis makanan pedasnya. Nah, inilah 5 makanan khas Tuban Bumi Wali yang pedasnya bikin nagih:

1. Garang Asem Ndas Manyung

Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagihspeckyshyda.blogspot.com

Makanan berkuah kuning ini berbahan utama ndas manyung atau kepala ikan manyung. Ikan manyung ini merupakan ikan laut yang berukuran besar dan sekilas menyerupai ikan lele. Karena ukuran kepalanya yang besar sehingga beberapa rumah makan membelahnya menjadi dua bagian. Cita rasa garang asem ndas manyung ini asam-asam pedas. Rasa pedas ini berasal dari potongan cabe di garang asemnya.

2. Kare Rajungan

Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagihtuban-laskarronggilawe.blogspot.com

Kare di Tuban berbeda dari daerah-daerah lain di Indonesia yang biasanya berbahan utama daging ayam, kambing atau sapi. Di Tuban, karenya menggunakan bahan utama rajungan. Dimana rajungan berbeda dengan kepiting, karena habitatnya hanya di satu tempat, yaitu air laut. Berbeda dengan kepiting yang bisa di dua tempat. Dagingnya pun lebih gurih dan empuk.

Kare rajungan ini memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Rasa gurih dan pedasnya berasal dari kuah santan karinya yang bebahan utamanya berbagai jenis rempah-rempah.

3. Becek Menthok

Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagihreynaldihabib.blogspot.com

Makanan khas Tuban satu ini juga memiliki cita rasa yang cukup pedas. Tak hanya itu, becek menthok ini juga serupa dengan gulai, hanya saja menggunakan menthok. Menthok merupakan sejenis unggas, seperti bebek namun memiliki badan lebih besar.

Kuah becek ini berbahan utama santan yang diolah dengan berbagai rempah-rempah dan potongan cabe. Daging menthoknya yang lembut ditambah kuah becek yang gurih-gurih pedas ini benar-benar menggugah nafsu makan banget, bukan? Adakah yang hobi dengan makanan satu ini?

4. Sate Menthok

Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagihazzamavierio.com

Berbeda dengan sate-sate pada umumnya yang berbahan utama daging ayam, kambing, sapi, ataupun kelinci. Di Tuban Bumi Wali ini, bahan utama sate yang khas adalah berbahan utama menthok. Jadi, menthok tidak hanya diolah menjadi becek saja namun juga disate.

Sate di sini diolah dengan bumbu khas Tuban dan disajikan dengan sambal, kecap, serta potongan dari cabe, tomat, bawang merah dan jeruk nipis. Beberapa orang juga ada yang menikmati sate menthok ini bersamaan dengan becek menthok. Kalau kalian paling suka makan sate menthok saja atau bersamaan dengan becek menthoknya juga nih?

5. Belut Pedas

Berburu 5 Makanan Khas Tuban Bumi Wali yang Pedasnya Bikin Nagihluthfiyah.com

Tak hanya hits dengan makanan seafood dan menthoknya, Tuban juga hits dengan olahan belutnya, lho! Terutama olahan belut pedasnya yang menjadi makanan khas daerah ini.
Belut pedas khas Tuban ini disajikan dengan cara yang berbeda-beda, antara lain disajikan dengan sambal basah yang pedas, digoreng yang kemudian dimasak dengan kuah yang super pedas, dan rica-rica.

Walaupun disajikan dengan cara yang berbeda, namun rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sama nikmatnya. Dan makanan ini bisa dinikmati dengan nasi jagung atau nasi, sesuai selera.
 
Itulah 5 makanan khas Bumi Wali, Tuban yang pedasnya bikin nagih, bagaimana? Adakah salah satu makanan favoritmu? Bagi kalian yang akan berkunjung ke kota Tuban, jangan lewatkan waktumu untuk berburu makanan pedas khas Tuban dan berbagai kuliner lainnya, ya! Karena berkunjung ke kota lain belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khasnya.

Ishmah Irsalina W. Photo Writer Ishmah Irsalina W.

Berlomba-lombalah dalam kebaikan ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya