5 Jenderal TNI di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Tiga nama baru menyeruak ke dalam kabinet

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya mengumumkan susunan nama-nama menterinya di kabinet baru kepemimpinannya yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju. Pengenalan nama-nama menteri baru tersebut dilangsungkan di Istana Negara pada Rabu (23/10) pagi ini.

Dari sejumlah nama menteri, tercatat ada lima jenderal TNI yang masuk ke dalam susunan kabinet baru Jokowi-Ma'ruf ini. Dua nama pertama tentu tak asing lagi karena sebelumnya sudah ada di Kabinet Kerja yakni Moeldoko dan Luhut Binsar Pandjaitan, yang dipasrahi untuk memegang Kepala Staf Kepresidenan dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Tiga nama lain adalah Fachrul Razi, eks Wakil Panglima TNI, yang kini ditunjuk menjadi Menteri Agama. Lalu ada nama dokter kepresidenan sekaligus Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr. Terawan Agus Putranto, yang di kabinet baru ini dipercaya menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Satu nama lain, yang tentu tak kalah mengejutkan, adalah hadirnya rival Jokowi di Pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto. Ketua Umum Gerindra ini dipercaya Jokowi masuk di Kabinet Indonesia Maju dan menjadi Menteri Pertahanan.

Baca Juga: Prabowo Jadi Menhan, Luhut: Saya Kira Itu Sudah Tepat

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya