Bahas soal Korupsi, Faldo Maldini: Efek Ketidakjelasan Biaya Politik

Menurut Faldo, biaya politik berujung kepada tindak korupsi

Jakarta, IDN Times - Jelang pelantikan Presiden periode 2019-2024, salah satu isu utama yang disorot jelang pemerintahan periode kedua Joko Widodo adalah masih maraknya kasus korupsi.

Berbicara terkait hal itu, salah satu politisi muda Indonesia, Faldo Maldini, berujar bahwa korupsi adalah imbas dari ketidakjelasan biaya politik di Indonesia.

"Sejak awal, saya concern sama pembiayaan politik karena di Indonesia hal kayak ini gak pernah jelas. Politisi dipaksa ikut keinginan masyarakat, dipaksa pegang anggaran triliunan rupiah, sementara untuk kampanye mereka habis banyak uang juga karena tidak jelas bujetnya, kan," ujar Faldo saat isi acara live streaming pelantikan Presiden di IDN Media HQ, Minggu (20/10).

 Lebih lanjut, ketidakjelasan biaya politik juga membuat tindak korupsi semakin subur, setidaknya begitu ujar Faldo.

"Akarnya sistem politik yang baik adalah pembiayaan yang jelas, misal di Amerika Serikat atau Amerika Latin. Saya sudah coba gak pake uang yang besar dan terbukti kalah, kan. Menurut saya, penangkapan korupsi yang masif sendiri adalah impact dari ketidakjelasan biaya politik ini. Selama kita gak jelas soal pembiayaan politik, saya jamin bakal masih ada yang tertangkap korupsi," tutup Faldo.

Baca Juga: Ikut Pilkada di Sumbar, Politikus Faldo Maldini Pilih Mundur dari PAN

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya