Butet Kartaredjasa Pingsan Saat Pentas, Ini Cerita dari Agus Noor

Kabarnya, Butet akan jalani operasi pada hari ini

Jakarta, IDN Times - Seniman asal Yogyakarta, Butet Kartaredjasa, terkena serangan jantung saat berada di panggung. Penyakit jantung Butet sendiri kabarnya kumat kala ia memerankan Semar dalam pentas "Kanjeng Sepuh" pada Jumat (22/3) malam lalu. Pentas ini sendiri merupakan bagian dari Program Indonesia Kita tahun 2019 yang dihelat di Graha Bhakkti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, yang digelar pada Jumat-Sabtu tanggal 22-23 Maret 2019.

Pentas ini disutradarai oleh Sujiwo Tejo dan melibatkan Agus Noor sebagai penulis naskahnya. Terkait Butet yang dilarikan ke rumah sakit usai pementasan, berikut penuturan dari Agus Noor yang menceritakan detik-detik Butet terkena serangan jantung di lama Facebook-nya

1. Agus Noor ceritakan kronologi jatuhnya Butet

Butet Kartaredjasa Pingsan Saat Pentas, Ini Cerita dari Agus Noorinstagram.com/masbutet

Semalam, saat pentas memasuki menit ke-60-an, Butet yang memerankan Semar, tumbang, tubuhnya lemas dan dingin. Tergolek pucat. Itu usai adegan Semar muncul di kuburan: hidup itu cuma main-main, yang serius kematian. (Dokter yang merawatnya kemudian menjelaskan: jantungnya kumat, enzim di jantungnya naik 100 kali lipat)

Tentu saja menjadi cemas menegangkan, suasana di belakang panggung. Sementara di panggung, pentas terus berjalan (para pemain tak tahu apa yang terjadi dengan Butet) padahal banyak adegan yang seharusnya Semar muncul di panggung.

Saya dari sisi panggung berusaha "memberi kode" pada pemain agar adegan kemunculan Semar di-skip. Pada pemain yang akan muncul kemudian, saya memberikan kemungkinan-kemungkinan impovisasi apabila Butet tak bisa melanjutkan permainan.

Sementara itu, tim produksi bertindak cekatan melakukan pertolongan pertama sampai dirawat para medis. Ketika kondisinya pelan teratasi, dan mulai bisa bicara, Butet menyampaikan kalau ia masih ingin terus main.

Saya langsung bilang ke dia, "Kamu istirahat dulu. Nyawamu lebih penting dari pentas ini!" Dia malah nyengir, 'uasuuuwook.' Semua sudah diantisipasi: adegan ending, di mana Butet harusnya muncul, diubah. Tapi detik-detik menjelang adegan akhir itu: Butet bersikeras muncul ke panggung. Saya tak yakin. "Biarlah saya menuntaskan kewajiban saya dengan terhormat malam ini." Begitu ia berkata. "Tapi kowe jangan mati di panggung, nanti malah ngrepoti," kata saya. Dia tertawa. Maka, saya pun membiarkannya muncul menutup adegan terakhir, saat Semar mengungkap rahasia kebenaran.

Saya deg-degan di samping panggung. Bagaimana kalau pingsan? Tapi yang saya saksikan: energi seorang "aktor tua" yang luar biasa, tenaga sukmanya muncul memghidupkan peran Semar, suaranya tak terdengar capek atau kelelahan. Bahkan para penonton pun tak merasakan (atau tahu) bahwa Butet baru saja pingsan!

Butet, saat ini sedang di rawat di RS. Meski ia sebenarnya ia ingin tetap main siang ini dan nanti malam. Doakan yang terbaik buat kesehatannya.

Cepet sehat yo, Tet!

NB: Ada yang harus saya katakan (konon: kalau tak diomongkan malah kejadian). Beberapa minggu ini ada 3 lakon saya yang dimainkan Butet: Cinta tak Pernah Sederhana, Kanjeng Sepuh, dan Para Pensiunan. Dalam 3 lakon itu selalu ada adegan kuburan. Bahkan dalam Para Pensiunan, kisahnya tentang kuburan. Tet, kowe ora mede-medeni aku yo.

2. Butet kabarnya akan jalani operasi hari ini

Butet Kartaredjasa Pingsan Saat Pentas, Ini Cerita dari Agus NoorIDN Times/Daruwaskita

Masih diceritakan oleh Agus Noor, kabarnya Butet akan menjalani operasi pada hari Sabtu ini. Walau demikian, belum ada yang bisa dirinci terkait kondisi Butet terkini selepas dilarikan ke rumah sakit.

3. Butet ramaikan "Kanjeng Sepuh" dengan banyak aktor panggung lain

Butet Kartaredjasa Pingsan Saat Pentas, Ini Cerita dari Agus NoorTwitter/@masbutet

Selain Sujiwo Tejo dan Agus Noor, acara "Kanjeng Sepuh" sendiri akan tetap dilangsungkan pada Sabtu (23/3) malam ini. Selain Butet yang kini akan bersiap menjalani operasi di rumah sakit, pentas ini juga turut diramaikan beberapa artis ibu kota seperti Cak Lontong, Soimah, hingga aktris Wulan Guritno.

Baca Juga: Butet dan Djaduk, Seniman Kakak Beradik Blak-blakan Dukung Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya