Comscore Tracker

PDIP: Citra Sudah Hancur, Gak Mungkin Kami Melindungi Harun Masiku!

PDIP merasa tidak pernah menghalangi penyelidikan KPK

Jakarta, IDN Times - Panasnya kasus dugaan korupsi yang menyeret kader PDIP, Harun Masiku, turut menyeret nama partai yang terkenal dengan logo banteng tersebut. Imbas kasus suap yang menyeret nama anggotanya tersebut, PDI Perjuangan kini disebut memiliki citra yang sangat buruk.

Hal itu pun diakui sendiri oleh Koordinator Tim Hukum PDI Perjuangan I Wayan Sudirta dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan tvOne pada Selasa (28/1) malam.

1. PDIP tidak mungkin menghalangi penyelidikan KPK

PDIP: Citra Sudah Hancur, Gak Mungkin Kami Melindungi Harun Masiku!Tim hukum PDI Perjuangan menggelar audiensi dengan KPU terkait PAW Harun Masiku di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (16/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Terkait isu yang beredar di media bahwa PDIP dianggap melemahkan dan menghalangi penyelidikan KPK terkait pengungkapan kasus Harun Masiku dan Wahyu Setiawan, I Wayan Sidarta membantah tudingan tersebut.

Menurutnya, partainya tak pernah menghalangi kinerja KPK terkait Harun Masiku.

"Tadi dibilang bahwa KPK bisa men-status quo-kan kantor PDIP jika ditemukan barang bukti terkait Harun Masiku. Tapi ini kan salah, sebab mana mungkin kesalahan seorang anggota dibebankan ke partai. Tolong KPK bedakan antara Harun Masiku sebagai anggota PDIP dan PDIP sebagai partai politik, jangan ada upaya politisasi," ujar I Wayan Sidarta.

Baca Juga: Terseret Kasus Harun Masiku, Pesan Jokowi ke Yasonna Laoly: Hati-hati

2. Citra PDIP sudah babak belur akibat kasus Harun Masiku

PDIP: Citra Sudah Hancur, Gak Mungkin Kami Melindungi Harun Masiku!(Ilustrasi eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku) IDN Times/Arief Rahmat

Berlarut-larutnya kasus yang menimpa Harun Masiku ini turut menyeret PDIP sebagai partai politik tempat bernaungnya tersangka kasus suap yang kini buron tersebut. I Wayan Sidarta juga mengeluhkan bahwa citra partainya kini sudah buruk di mata rakyat.

"Akibat kasus Harun ini, citra partai kami sudah buruk. Citra PDIP sebagai partai politik sudah babak belur, jadi ya gak mungkin PDIP melindungi Harun Masiku," ucapnya.

3. PDIP juga mempertanyakan kenapa sekjennya dicurigai

PDIP: Citra Sudah Hancur, Gak Mungkin Kami Melindungi Harun Masiku!Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, I Wayan juga mempertanyakan bola panas yang bergulir di media massa dan publik seolah-olah menyudutkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurut pria asal Bali itu, belum ada bukti yang terbukti benar namun nama sang Sekjen sudah tercoreng.

"Selain citra partai kami yang buruk, kami juga mempertanyakan isu yang menyeret sekjen kami, Pak Hasto. Beliau diisukan mengeluarkan uang dan terlibat kasus Harun Masiku tapi sampai saat ini belum terbukti kan," ujarnya.

Baca Juga: Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie, karena Kasus Harun Masiku?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya