Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Kabupaten Bandung

Untungnya, bencana ini tak sampai memakan korban jiwa

Jakarta, IDN Times - Bencana puting beliung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan puting beliung disebabkan ada perubahan penggunaan lahan, dampak perubahan iklim yang menyebabkan makin meningkatnya ketidaksatabilan dinamika atmosfer lokal, dan aktivitas penduduk.

Yang terbaru, bencana puting beliung melanda Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Jumat (11/1) pukul 15.15 WIB. Puting beliung menyebabkan rumah penduduk rusak dan pohon tumbang.

1. Dampak kerusakan akibat puting beliung

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Kabupaten BandungIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Dikutip dari rilis resmi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, data sementara yang berhasil dihimpun oleh BPBD Kabupaten Bandung, dampak kerusakan akibat puting beliung tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan, dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya. Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung hingga Jumat (11/1) malam.

Baca Juga: Porak-poranda! Puting Beliung Terjang Pasar Rakyat, 8 Orang Luka-luka

2. Kronologi kejadian dan daerah-daerah yang terdampak

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Kabupaten BandungIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Sebelum kejadian, di pagi hari cuaca terlihat cerah, namun kemudian pada siang, terlihat awan-awan banyak terbentuk dan terdapat awan cumulonimbus yang menutup daerah di Rancaekek dan sekitarnya. Langit terlihat mendung dan cuaca terasa gerah. Menjelang sore kemudian bertiup angin yang makin lama makin kencang disertai hujan berintensitas sedang hingga tinggi. Puting beliung terlihat di langit sesaat.

Daerah yang mengalami kerusakan antara lain Perum Rancaekek Kencana Blok 16 RW 16, RW 08 Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek, serta beberapa perumahan lain. Atap rumah banyak yang diterbangkan oleh puting beliung.

3. BPBD masih lakukan pendataan dan pemasangan tenda pengungsi sudah dilakukan

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Kabupaten BandungIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Sampai Jumat (11/1) malam, BPBD Kabupaten Bandung masih melakukan pendataan. Sementara itu, pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Polda Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi karena rumahnya rusak cukup berat. Tagana, BPBD dan relawan membantu pengungsi, sementara kondisi listrik masih padam di sekitar lokasi.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih. Untuk mengetahui kabar lanjutan dan info terkini, pembaca yang memiliki saudara di sekitar wilayah terdampak puting beliung bisa menghubungi Yaya (Pusdalops Kabupaten Bandung) via nomor telepon: 0812-1472-4128.

Baca Juga: Video Viral, Pasar Malam Berterbangan Dihantam Angin Puting Beliung

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya