230 Kali Gempa Susulan Landa Lombok, 16 Terasa Kuat

Gempa susulan masih akan terjadi hingga...

Jakarta, IDN Times - Warga yang tinggal di sekitar Lombok, Nusa Tenggara Barat masih belum bisa tenang karena ratusan gempa susulan datang silih berganti. Hingga Selasa (7/8) pukul 7 WITA, ada 230 gempa susulan. 

Gempa susulan ini terjadi pascagempa hebat berkekuatan 7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Minggu (5/8).

1. Sebanyak 16 gempa susulan terasa kuat

230 Kali Gempa Susulan Landa Lombok, 16 Terasa KuatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Menurut Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tjatmiko, dari jumlah gempa susulan itu, 16 diantaranya dirasakan kuat.

Tercatat terjadi gempa bumi susulan berkekuatan 5,5 SR pada pukul 01.21 WIB di wilayah Sumbawa dengan episenter terletak pada 8,18 Lintang Selatan dan 116,29 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer (km).

2. Gempa susulan masih akan terjadi beberapa pekan ke depan

230 Kali Gempa Susulan Landa Lombok, 16 Terasa KuatBNPB

Sementara gempa bumi dengan kekuatan yang semakin kecil juga terus terjadi setelahnya, tercatat pada pukul 04.00 hingga pukul 06.00 WITA terjadi sembilan kali gempa susulan.

BMKG memperkirakan gempa bumi susulan masih akan terus terjadi hingga beberapa pekan ke depan. Gempa bumi 7,0 SR yang melanda Pulau Lombok dan Sumbawa juga dirasakan hingga ke Bali dan Jawa Timur.

Gempa tersebut disebut BMKG sebagai gempa utama dari rangkaian gempa yang terjadi di Lombok sebelumnya, yaitu pada 29 Juli 2018 yang juga merusak dan menimbulkan korban jiwa jika dilihat dari episenternya yang relatif sama.

Baca Juga: Gempa 5,5 SR Kembali Mengguncang, Tamu Hotel Pilih Tidur di Lobby

230 Kali Gempa Susulan Landa Lombok, 16 Terasa KuatBNPB

3. Korban dikhawatirkan terus bertambah

Tim gabungan terus menyisir dan mengevakuasi bangunan-bangunan rumah. Diduga, masih ada warga yang terjebak di dalam reruntuhan bangunan rumah. Di hari kedua ini, tim masih berupaya menyisir bangunan dengan alat berat.

Data jumlah korban meninggal hingga Senin (6/8) pukul 17.45 WIB, mencapai 98 orang. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho akan memberi update mengenai gempa Lombok tersebut pada hari ini.

Baca Juga: BNPB: 700 Wisatawan di Lombok Belum Dievakuasi Pasca-Gempa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya