Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik Air

Batik Air mengembalikan dana tiket tiga penumpang

Tangerang, IDN Times - Kisah anak pasien kanker yang tidak diizinkan untuk naik pesawat milik Batik Air pada Jumat (10/8), menjadi viral di media sosial. Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Batik Air menjelaskan kronologi insiden tersebut.

Dalam keterangan kepada IDN Times, Sabtu (11/8), Danang menilai bahwa kru pesawat saat insiden terjadi sudah menjalankan prosedur sesuai aturan dan kebijakan yang ada. Anak berinisial PA sedianya naik Batik Air dari bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ke Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) bersama dua orang dewasa, yakni YS dan SD. 

Berikut konfirmasi dan kronologi versi Batik Air selengkapnya: 

1. Sakit, anak PA mengeluarkan bau menyengat

Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik AirFacebook/Batik Air

Danang menjelaskan, saat Batik Air ID6880 akan berangkat pada Jumat (10/8) pukul 06.05 WIB, awak pesawat menyadari bahwa PA yang berusia 3 tahun dalam keadaan sakit. "PA digendong oleh seorang penumpang wanita, yaitu YS menggunakan kain dengan menutupi seluruh badannya," jelas Danang. YS kemudian diketahui sebagai ibu PA. 

Pada saat pesawat masih di darat, imbuhnya, pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) sudah menjalankan prosedur dengan meminta izin dan konfirmasi kepada YS guna melihat kondisi anaknya. Satu penumpang sebagai pendamping, yaitu SD, menyampaikan tentang kondisi sakit yang dialami oleh PA. "Setelah dilihat, PA mengeluarkan bau menyengat," kata Danang.

2. Pimpinan awak kabin minta surat layak terbang

Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik AirTwitter/@TheBatikAir

Pimpinan awak kabin kemudian meminta agar YS memperlihatkan keterangan tentang surat layak terbang berikut pernyataan, namun YS hanya menunjukkan surat rujukan rumah sakit di Jakarta.

Berdasarkan standar prosedur layanan penerbangan, setiap penumpang untuk selalu memberikan informasi secara rinci, jelas, dan sesuai keadaan sebenarnya kepada petugas layanan darat ketika proses pelaporan diri di counter check-in. " Jika sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular atau memiliki kondisi khusus yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan penumpang lain saat melakukan perjalanan

udara," jelas Danang.

Danang mengakui, kondisi kesehatan pada umumnya tidak memerlukan surat izin medis. Namun untuk beberapa keadaan tertentu, imbuhnya, ada kewajiban penumpang untuk menunjukkan surat izin medis sebelum penerbangan dengan melampirkan surat keterangan kelaikan terbang (fitness for air travel/ medical information) serta menandatangai surat pernyataan. Hal ini sesuai ketentuan pengangkutan penumpang dalam kategori

sakit.

3. Batik Air klaim semua sesuai prosedur

Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik AirTwitter/@TheBatikAir

Oleh karena itu, Batik Air membutuhkan sertifikat medis guna mengkonfirmasikan bahwa penumpang tersebut dalam keadaan stabil dan bisa untuk melakukan penerbangan. 

"Tindakan pimpinan awak kabin adalah untuk kepentingan kru, penumpang lainnya serta penumpang tersebut sendiri," kata Danang. Sesuai dengan prosedur, kata dia, SFA berkoordinasi dengan pilot dan petugas layanan darat (ground handling) yang bertugas. 

Sesuai ketentuan perusahaan--atas dasar pertimbangan kenyamanan selama penerbangan dan alasan kesehatan--petugas ground handling menginformasikan dengan jelas bahwa PA tidak dapat diterbangkan pada ID6880, kemudian petugas meminta dan mengarahkan YS serta SD untuk melaporkan ke Customer Services serta kondisi PA ke balai kesehatan pelabuhan udara (port health).

Kebijakan menurunkan penumpang tersebut guna memastikan hal-hal lain yang tidak diinginkan, mengingat rute Soekarno-Hatta, Tangerang ke Kualanamu ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Sebagai informasi, durasi waktu yang lama dengan sirkulasi udara terbatas maka bau yang tidak enak akan mengganggu perjalanan serta berpotensi menimbulkan dampak lain.

4. Tak bisa berangkatkan PA, Batik Air kembalikan dana

Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik AirFacebook/Batik Air

Sehubungan YS yang kembali melapor dengan membawa surat kelayakan terbang, petugas Batik Air telah memeriksa surat itu. Batik Air menjelaskan, berdasarkan pertimbangan faktor kenyamanan penerbangan, maka tidak bisa memberangkatkan kembali pada penerbangan berikutnya.

Sebagai bagian pelayanan sesuai kondisi yang ditemukan di lapangan, Batik Air mengembalikan dana pembelian tiket (refund) secara tunai setelah dilakukan negosiasi bersama penumpang tersebut. Dalam hal ini penumpang membeli melalui agen perjalanan, maka proses refund berdasarkan ketentuan.

Baca Juga: Perdana, Pesawat Airbus Komersial Mendarat di Bandara Banyuwangi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya