Kali Pertama Denmark Denda Wanita Bercadar

Denmark berlakukan aturan kontroversi itu sejak 1 Agustus

Denmark, IDN Times - Seorang wanita menjadi orang pertama di Denmark yang didenda karena mengenakan niqab atau cadar yang hanya memperlihatkan mata. Wanita berusia 28 tahun itu menjadi wanita pertama yang dijerat dengan hukum baru mengenai larangan pemakaian cadar Islam di tempat umum.

Dikutip dari situs BBC edisi (4/8), aturan kontroversial itu diberlakukan sejak Rabu (1/8).

1. Berawal dari pertengkaran di pusat perbelanjaan

Kali Pertama Denmark Denda Wanita BercadarPixabay

Wanita yang mengenakan niqab itu menarik perhatian polisi setelah dia terlibat pertengkaran dengan wanita lain di sebuah pusat perbelanjaan di Horsholm, di wilayah timur laut Nordsjaelland. Wanita itu menolak melepaskan niqabnya. 

"Selama perkelahian, niqabnya lepas, tetapi pada saat kami tiba, dia memasangnya lagi," kata petugas kepolisian David Borchersen, dikutip dari kantor berita Ritzau via Antara. 

Baca Juga: Biar Gak Gerah, Ikuti 6 Tips Hijab Ini Agar Tetap Nyaman

2. Wanita itu didenda Rp2,2 juta

Kali Pertama Denmark Denda Wanita BercadarMata uang kroner (Pixabay)

Polisi mengambil foto perempuan yang mengenakan niqab, dan memperoleh rekaman kamera keamanan dari pusat perbelanjaan itu mengenai insiden tersebut.

Wanita itu kemudian diberitahu bahwa dia akan didenda 1.000 kroner di pos, dan diberitahu untuk melepaskan cadarnya atau meninggalkan ruang publik. Jika dirupiahkan, denda itu mencapai Rp2,2 juta. "Dia memilih yang terakhir," kata Borchersen.

Aturan kontroversial itu juga melarang aksesoris lain

Kali Pertama Denmark Denda Wanita BercadarIlustrasi wanita mengenakan niqab (Unsplash/Majid Korang beheshti)

Larangan itu juga menargetkan aksesori lain yang menyembunyikan wajah seperti balaclavas, masker, dan janggut palsu.

Para pegiat hak asasi manusia mengecam larangan itu dan menilai aturan tersebut sebagai bentuk pelanggaran hak-hak perempuan. Sementara itu, para pendukung aturan ini berpendapat itu memungkinkan integrasi yang lebih baik dari imigran Muslim ke dalam masyarakat Denmark.

Kerudung yang menutupi wajah sepenuhnya adalah isu panas di Eropa. Belgia, Prancis, Jerman dan Austria telah memberlakukan larangan atau larangan sebagian untuk niqab ini.

Baca Juga: Diduga Akan Menusuk Polisi dengan Gunting, Dua Wanita Berniqab Ditangkap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya