Kemenpora Kembali Minta Roy Suryo Kembalikan Aset Negara 

Kemenpora: barang yang dibeli dengan APBN harus dikembalikan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menagih barang-barang milik negara yang terbawa Roy Suryo setelah selesai menjalankan tugasnya sebagai menteri tahun 2014. Kemenpora mengirim surat yang ketiga.  

1. Ini barang-barang yang menurut Kemenpora terbawa Roy Suryo

Kemenpora Kembali Minta Roy Suryo Kembalikan Aset Negara IDN Times/Helmi Shemi

Dalam pesan singkat kepada IDN Times, Selasa (4/9), Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto menjelaskan, Kemenpora sudah mengirim surat kepada Roy sebanyak tiga kali. Pertama tahun 2014, kemudian 2016, dan terakhir 2018.   

"Kebanyakan yang dibawa (Roy) itu barang-barang eletronik," kata Gatot.  Yang pasti, kata Gatot, tidak ada barang-barang dapur. 

Namun, Gatot tidak merinci lebih detail nilai dan barang apa saja yang masih digunakan Roy. Gatot menilai, data detail itu bisa dijelaskan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Kemenpora hanya ingin memastikan, barang yang dibeli dengan APBN harus dikembalikan," jelas Gatot.

2. Surat menyebar di media sosial

Surat Kemenpora untuk Roy itu menyebar di media sosial. Dalam surat bernomor 5.2.3/SET.BIII/V/2018 tertanggal 2 Mei 2018 perihal pengembalian Barang Milik Negara (BMN).  

Surat yang diteken Gatot itu mencantumkan keterangan bahwa "Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang melakukan pemeriksaan di Kemenpora dalam tiga bulan terakhir ternyata masih memunculkan adanya BMN milik Kemepora yang masih belum dikemballikan sebanyak 3.226 unit."

Baca Juga: Nekat Panjat Tiang Bendera, Bocah Ini Diapresiasi Kemenpora 

3. Masalah lama yang belum rampung-rampung hingga kini

Kemenpora Kembali Minta Roy Suryo Kembalikan Aset Negara IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebetulnya, isu ini pernah ramai diberitakan tahun 2016 dan rupanya belum rampung hingga kini. Salah satu yang menurunkan artikel mengenai "utang" Roy Suryo ini adalah BBC Indonesia edisi 21 Juni 2016. Kala itu, Kemenpora menyebutkan Roy masih menggunakan hampir 1.500 jenis barang milik negara senilai Rp 8,5 miliar.

“Sama sekali tidak! Sama sekali tidak! Jauh dari fakta!” bantah Roy kala itu, seperti dikutip dari BBC Indonesia. 

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu mengakui,  dirinya memang menerima kiriman barang-barang dari Kemenpora saat rumah dinas menteri dikosongkan.

“Ketika saya sampai di Yogyakarta, ‘Loh, kok ini ada barang-barang yang bukan milik saya?’ Jadi sebelum Kemenpora sadar, saya sudah tahu ada beberapa barang yang bukan milik saya. Langsung saya kirimkan saat itu juga,” tambah Roy.

Baca Juga: Kisruh Aset Menpora: Roy Suryo Anggap Aset Senilai Rp 8,5 Miliar Itu Miliknya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya