Comscore Tracker

KM Satya Kencana IX Terbakar, Nakhoda Belum Bicara

Otoritas terkait akan mengusut penyebab kebakaran di kapal

Banjarmasin, IDN Times - Kepala Basarnas Kalimantan Selatan Mujiono mengungkapkan, Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX terbakar di perairan Jawa, Sabtu (4/8). Hingga kini, otoritas terkait belum bisa meminta keterangan nakhoda kapal terkait insiden itu.

"Apa penyebab kebakaran masih kami dalami karena kapten (nakhoda) belum bisa diajak bicara. Kami baru meminta keterangan dari penumpang," kata Kepala Basarnas Kalimantan Selatan Mujiono yang dikutip dari Kompas TV, (4/8). 

Baca Juga: Kapal Satya Kencana Terbakar, 1 Penumpang Meninggal

1. Banyak penumpang yang menceburkan diri

KM Satya Kencana IX Terbakar, Nakhoda Belum BicaraKM Satya Kencana terbakar (Kompas TV)

Dari keterangan penumpang, kata Mujiono, api diduga datang dari bawah. "Naik ke atas. Banyak penumpang kemudian menceburkan diri karena kebakaran ini," kata dia. 

Hingga saat ini, kata dia, kondisi penumpang belum stabil. Beberapa dari mereka sempat terombang-ambing di laut sebelum akhirnya dievakuasi.

Baca Juga: Kapal Satya Kencana Berpenumpang 250 Orang Terbakar di Laut Jawa

2. Nakhoda dan kru ikut menceburkan diri

KM Satya Kencana IX Terbakar, Nakhoda Belum BicaraIlustrasi Basarnas (Dok. IDN Times)

Saat kapal terbakar, kata dia, nakhoda dan kru juga ikut terjun ke laut untuk menyelamatkan diri. Namun, hingga kini nakhoda belum juga bisa dimintai keterangan. Mujiono tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa nakhoda belum bisa diajak bicara.

"Beberapa penumpang mengatakan, tidak sempat mengambil life jacket karena ada api. Tapi, ada juga yang sempat meraih life jacket. Intinya, mereka ingin menyelamatkan diri secepatnya," kata dia. 

Baca Juga: Cegah Kecelakaan Kapal di Danau Toba Terulang, Ini 3 Langkah Kemenhub

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You