Penumpang Soetta Bisa Drive Thru Rapid Test, Berapa Biayanya? 

Biar nyaman, penumpang gak usah turun mobil~

Tangerang, IDN Times - Sebuah klinik kesehatan membuka pelayanan tes cepat (rapid test) COVID-19 menggunakan sistem drive thru. Seperti diketahui, hasil rapid test menjadi salah satu syarat penerbangan bagi penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Layanan drive thru tes cepat ini untuk kenyamanan penumpang pesawat karena tidak perlu turun dari kendaraan dan hasilnya cepat keluar," kata dokter penanggung jawab dari Laboratorium Klinik Berlian, Zulfikar, seperti dikutip dari Antara (1/7). 

1. Lulus rapid test menjadi salah satu syarat untuk bisa terbang melalui Bandara Soetta

Penumpang Soetta Bisa Drive Thru Rapid Test, Berapa Biayanya? Protokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Zulfikar menuturkan penumpang pesawat yang hendak berpergian jauh harus melengkapi syarat lulus tes cepat COVID-19, sehingga dapat melakukan tes di kawasan Soewarna Business Park, Bandara Soetta.

"Drive thru tes cepat COVID-19 ini mulai beroperasi sejak 22 Juni 2020 dan buka pada pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB," ujar Zulfikar.

2. Setiap calon penumpang yang menggunakan jasa drive thru ini harus membayar Rp199.000

Penumpang Soetta Bisa Drive Thru Rapid Test, Berapa Biayanya? ilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Dikatakan Zulfikar, tes cepat yang didukung Realy Tech itu menetapkan tarif Rp199.000 per orang ditangani tenaga medis profesional dan bekerja sesuai protokol kesehatan.

Selain itu, penumpang pesawat yang menjalani tes cepat COVID-19 akan mendapatkan masker berkualitas jenis N-95 dan hidangan makanan ringan.

3. Calon penumpang yang reaktif akan dirujuk ke rumah sakit terdekat

Penumpang Soetta Bisa Drive Thru Rapid Test, Berapa Biayanya? Alat Rapid Test COVID-19 (Istimewa/Dok IDNTimes)

Zulfikar menyebutkan penumpang pesawat yang dinyatakan reaktif, maka tenaga medis akan merujuk pasien ke rumah sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut.

"Intinya, kami menjalankan tes cepat ini sudah menyesuaikan dengan prosedur penanganan COVID-19 yang diberlakukan pemerintah. Bahkan, tenaga kesehatan yang bertugas di sini seluruhnya kami lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap," tutur Zulfikar.

4. Otoritas Bandara Soetta pun membuka layanan rapid test

Penumpang Soetta Bisa Drive Thru Rapid Test, Berapa Biayanya? IDN Times/Candra Irawan

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang juga membuka layanan pemeriksaan virus SARS-CoV-2 atau COVID-19, menggunakan metode rapid test. Pelayanan tersebut dibuka untuk mempermudah calon penumpang, memenuhi salah satu syarat penerbangan rute domestik. 

Selain rapid test, bandara tersebut juga menyediakan layanan pembuatan surat keterangan bebas COVID-19.

Manager of Branch Communication Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Haerul Anwar menjelaskan, layanan rapid test di bandara tersebut terbuka untuk umum. Tidak hanya itu, pihaknya juga membuka layanan pembuatan surat keterangan bebas COVID-19.

"Untuk layanan Rapid test di Bandara Soekarno-Hatta dikenakan biaya sebesar Rp 225 ribu, apabila ditambah dengan surat keterangan bebas COVID-19, ada tambahan biaya sebesar Rp55 ribu," jelasnya, Senin (22/6).

Artinya, total biaya untuk rapid test dan surat keterangan bebas COVID-19, seseorang harus membayar Rp280 ribu.

Baca Juga: Bandara Soetta Buka Layanan Rapid Test, Segini Biayanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya