RS Polri Simpan Barang yang Melekat di Tubuh Penumpang Lion Air

Nantinya, barang-barang itu dikembalikan kepada keluarga

Jakarta, IDN Times - Rumah Sakit Polri akan menyimpan sementara barang-barang yang melekat pada korban kecelakaan Lion Air JT 610. Barang itu masih diperlukan untuk proses identifikasi.  

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Identifikasi Korban Bencana RS Kepolisian Indonesia dr Soekanto, Komisaris Besar Polisi drg Lisda Cancer.  

Baca Juga: Lion Air Jatuh di Perairan Karawang, Begini Kata Pengamat Penerbangan

1. Barang-barang itu terdiri dari cincin hingga pakaian yang dikenakan terakhir kali oleh penumpang

RS Polri Simpan Barang yang Melekat di Tubuh Penumpang Lion AirANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Benda-benda yang disimpan sementara oleh RS Polri, antara lain: cincin, jam tangan, pakaian atau sepatu yang dipakai korban saat menumpangi pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610.  

Benda-benda itu merupakan data sekunder yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi identitas korban. Tim Identifikasi Korban Bencana Kepolisian Indonesia dan petugas dari posko antemortem akan mencocokkan barang yang melekat pada korban dengan kesaksian ataupun foto dari keluarga.  

Setelah itu, barang-barang tersebut akan dikembalikan di saat jenazah sudah teridentifikasi dan dikembalikan ke keluarga, demikian dikutip dari situs Antara, Senin (12/11).  

Baca Juga: 79 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi, Ini Daftarnya 

2. Barang-barang korban dikelompokkan menjadi dua bagian

RS Polri Simpan Barang yang Melekat di Tubuh Penumpang Lion AirANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam kesempatan itu, Wakil Kepala Identifikasi Korban Bencana RS Polri, Komisaris Besar Polisi Triawan Marsudi, mengungkap, properti milik korban akan dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu barang yang punya potensi sebagai pengidentifikasi dan non-pengidentifikasi.  

Nah, properti milik korban yang disimpan di RS Polri adalah barang yang berpotensi sebagai pengidentifikasi. Sementara barang tanpa potensi identifikasi dihimpun Lion Air, sebelum dikembalikan ke keluarga. 

Baca Juga: Sedih, Permintaan Terakhir Korban JT 610 pada Calon Istrinya

3. Sebelum dikembalikan ke keluarga, barang-barang disterilkan lebih dulu

RS Polri Simpan Barang yang Melekat di Tubuh Penumpang Lion AirANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kepala Bidang Pelayanan RS Polri, Komisaris Besar Polisi Sumirat, turut menambahkan barang-barang yang dihimpun pihak maskapai saat ini tengah disimpan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

"Barang itu sedang disterilisasi dulu sebelum dikembalikan ke keluarga," sebut Sumirat, Senin (12/11).  

Pesawat Lion Air itu jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin pagi (29/10). Sebanyal 189 penumpang dan awak berada dalam pesawat saat kecelakaan terjadi. 

Hingga hari ini, tim Identifikasi Korban Bencana RS Polri telah memeriksa 195 kantong jenazah, dan mengidentifikasi 82 penumpang, 62 diantaranya berjenis kelamin laki-laki, dan 20 perempuan.  

Baca Juga: FOTO: Korban Lion Air di Persemayaman Terakhir

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya