Comscore Tracker

Tiba di Indonesia, Ini Daftar Bantuan Kemanusiaan Tiongkok untuk Palu

Palang Merah Tiongkok menyerahkan bantuan US$200 ribu

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Tiongkok mengirimkan bantuan untuk penanggulangan bencana gempa dan tsunami di  Sulawesi Tengah. Bantuan itu tiba pada 9 Oktober lalu melalui  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan. 

Dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Kamis (11/19), Tiongkok mengirim bantuan sesuai keperluan pemerintah Indonesia dalam proses pemulihan Palu, Donggala, dan beberapa daerah lainnya yang terdampak gempa dan tsunami.

1. Bantuan berupa tenda hingga generator listrik

Tiba di Indonesia, Ini Daftar Bantuan Kemanusiaan Tiongkok untuk PaluEmbassy of P. R. China

Pemerintah Tiongkok memutuskan memberikan bantuan berupa tenda, sistem pembersih air, fogging, generator listrik, dan lain-lain kepada Pemerintah Indonesia. Bantuan tersebut dikirim ke Indonesia dalam 5 kali penerbangan. 

Kedutaan Besar Tiongkok juga telah membelikan sejumlah barang keperluan sehari-hari untuk para korban dan pengungsi. Pihak Indoensia akan mengirimkan bantuan tersebut ke area bencana secepatnya. 

Pemerintah Tiongkok juga akan terus berkoordinasi dengan Pihak Indonesia, mendukung Pemerintah Indonesia melakukan penanggulangan becanna dan rekonstruksi pasca bencana. 

Baca Juga: Ini Tempat Relokasi Korban Bencana di Donggala-Palu

2. Pemerintah Indonesia diwakili dari Kementerian Luar Negeri

Tiba di Indonesia, Ini Daftar Bantuan Kemanusiaan Tiongkok untuk PaluEmbassy of P. R. China

Bantuan itu diserahkan Wang Liping, Minister Counsellor bidang komersial Kedutaan Besar Tiongkok kepada wakil Pemerintah Indonesia, yaitu Meiladyastrinda Hapsari, Supervisor Biro Hukum dan Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Duta Besar Prayono Atiyanto dari Kementerian Luar Negeri. 

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 Skala Richter meluluhlantakkan Palu dan sekitarnya pada Jumat (28/9) pukul 18.02 WITA. Gempa itu kemudian diikuti dengan tsunami.

Presiden Xi Jinping sampaikan surat belasungkawa melalui Presiden Jokowi

Tiba di Indonesia, Ini Daftar Bantuan Kemanusiaan Tiongkok untuk PaluEmbassy

Setelah bencana gempa dan tsunami Sulteng terjadi, Presiden Xi Jinping langsung mengirimkan surat belasungkawa untuk korban terdampak bencana itu melalui Presiden Joko Widodo. Dia menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia seraya mengatakan Pemerintah Tiongkok bersedia memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia. 

Wang Yi, anggota Dewan Negara Tiongkok merangkap Menteri Luar Negeri Tiongkok juga mengirimkan surat belasungkawa Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. 

Tak hanya itu, Palang Merah Tiongkok juga telah menyampaikan dana bantuan sebesar US$200 ribu ke Palang Merah Indonesia. 

Baca Juga: Relawan Asing Disuruh Tinggalkan Palu, Ini Kata Kemlu

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You