VIDEO: Ngeri, Detik-detik Jembatan Terseret Banjir Bandang di Padang

Banjir bandang melanda Kota Padang, dua orang meninggal

Padang, IDN Times - Kota Padang diterjang banjir bandang setelah hujan lebat mengguyur pada Jumat (2/11). Dua orang tercatat meninggal dalam bencana ini.  

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mencatat sejumlah dampak banjir bandang di Kota Padang.

1. Dampak banjir bandang

VIDEO: Ngeri, Detik-detik Jembatan Terseret Banjir Bandang di PadangANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Sutopo mencatat, ada tujuh kecamatan yang terdampak banjir bandang di Sumatera Barat. Selain menelan korban jiwa, banjir juga merendam 600 rumah setinggi 30-150 cm. 
 

"Satu jembatan hanyut, dua jembatan putus, dan satu rumah hanyut," jelas Sutopo di akun Twitter miliknya yang terverifikasi.  

Hingga kini, imbuhnya, penanganan dan pendataan masih dilakukam BPBD.

2. Video jembatan roboh, tak mampu menahan dahsyatnya arus air

Sutopo juga mengunggah video bagaimana dahsyatnya banjir tersebut. Sebuah jembatan roboh diterjang banjir di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumatera Barat pada Jumat (2/11).  
"Hujan deras akibatkan debit sungai meningkat dan banjir melanda beberapa tempat. Waspadalah banjir dan longsor," tulis Sutopo lebih lanjut. 

Baca Juga: BNPB: 17 Korban Meninggal Banjir Bandang Sumut Berhasil Dievakuasi

3. Hujan deras meningkatkan volume air di sungai

Banjir terjadi setelah debit air di sungai meningkat. Sutopo juga mengunggah video amatir bagaimana gelombang air menyapu apa saja yang ada di depannya. "Penanganan darurat masih dilakukan di lokasi bencana," tulis Sutopo.

Baca Juga: Sejak Awal 2018, BNPB Catat Telah Terjadi 1.999 Bencana 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya