Ini Dia Drone Canggih yang Akan Hadir di Indonesia

Bikin konten keren? Kenapa gak?

Setelah di awal tahun 2018 meluncurkan Mavic Air di Indonesia, produsen drone ternama DJI akan meluncurkan drone terbarunya yakni DJI Mavic 2 pada akhir tahun. Drone Mavic Series ini akan sekaligus diperkenalkan dalam 2 jenis sekaligus yakni "Mavic 2 Pro" dan "Mavic 2 Zoom".

1. Dilengkapi dengan kamera Hasselblad

Kenapa drone ini canggih? Karena pada Mavic 2 Pro mengadopsi kamera Hasselblad yang biasa digunakan fotografer professional dan juga oleh NASA Amerika (The National Aeronautics and Space Administration).

Hasselblad juga mengusung sistem optimasi foto, lensa, dan implementasi warna natural untuk foto raw.Lensanya memiliki f/2,8 hingga f/11 sehingga bisa mendapatkan tampilan seperti DSLR.

Jika dilihat sekilas kedua pesawat tanpa awak ini memiliki tampilan identik. Desainnya pun juga mirip seperti Mavic Pro generasi pertama. Perbedaannya, dimensi Mavic 2 ternyata sedikit lebih besar ketimbang pendahulunya, ini bisa dimaklumi mengingat DJI memang punya produk drone seri lain yang lebih portabel, yaitu Mavic Air dan Spark.

2. Terdapat 10 sensor di seluruh sisi tubuhnya

Meski membesar, Mavic 2 diklaim lebih aerodinamis, memungkinkannya untuk bermanuver dalam kecepatan hingga 72 km/jam. Bagian perutnya (bawah), dibekali sebuah lampu yang akan menyala secara otomatis ketika drone mendarat di lokasi yang gelap, sehingga pendaratannya bisa lebih presisi.

Kemampuannya untuk terbang dan menghindari rintangan dengan sendirinya juga diklaim membaik berkat kehadiran total 10 sensor di seluruh sisi tubuhnya. Tidak hanya itu, Mavic 2 juga lebih cekatan mengikuti subjek (ActiveTrack) berkat tiga kamera depan yang dimanfaatkan untuk menciptakan peta 3D atas subjek yang dilacaknya.

Namun perubahan terbesar yang dibawa Mavic 2 justru terletak pada kameranya, dan kamera ini juga yang menjadi satu-satunya pembeda antara model Pro dan Zoom. Tentu saja kamera milik kedua model duduk di atas gimbal 3-axis yang bertugas menstabilkan gambar selama drone bergerak.

3. Perbedaan Spek Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

Ini Dia Drone Canggih yang Akan Hadir di IndonesiaIDN Times/Kurio

Jika aspek desain, wajah keduanya mirip dengan pendahulunya. Sementara di kamera, beberapa pembaruan dimunculkan. Mavic 2 Pro mengadopsi kamera Hasselblad dengan medium-format kelas wahid.

Pada kamera Mavic 2 Pro sensor 1 inci berkualitas 20 megapiksel disematkan. Menariknya, Hasselblad bakal mengusung lensa canggih untuk kebutuhan foto berformat RAW yang natural.

Fitur lainnya, video berkualitas 4K diadopsi dengan baik dan apik untuk pembuatan video profesional. Seri premium ini dibanderol USD 1.449 .

Berbeda dengan Mavic 2 Pro, drone Mavic Zoom menggunakan sensor 1/2.3 inci dengan kualitas 12 megapiksel. Drone lipat ini memiliki kapabilitas optical zoom 24-48mm. Selain itu, digital zoom 2x juga dimiliki untuk merekam video 1080p pada jarak 49mm ke 96mm. Sedangkan pada 4K, frame rate-nya bisa mencapai 30fps.

4. Ditambahi Fitur Dolly Zoom dan Super Resolution

Tambahan lainnya, Mavic 2 Zoom memiliki fitur Dolly Zoom dan Super Resolution. Dolly Zoom bisa digunakan saat drone terbang ke belakang. Sementara itu, Super Resolution memungkinkan zoom ke 48mm bisa memotret sembilan foto berturut-turut dan menggabungkannya menjadi foto lanskap berkualitas 48 MP.

Untuk Mavic 2 Zoom dibanderol lebih murah, yakni USD 1.249. Baik Mavic 2 Pro maupun Mavic 2 Zoom dilengkapi fitur Hyperlapse untuk menciptakan video timelapse yang  keren.

Penasaran dengan produknya? Info lebih lengkapnya bisa cek di link ini dan dapatkan bonus cashback Rp 2 juta, cicilan 0% dan jaminan produk resmi garansi TAM hanya di Erafone.

Topik:

  • Ajeng
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya