Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Yuk, tulis apa yang kamu inginkan untuk Indonesia?

Melihat kondisi Indonesia saat ini, apa tanggapanmu? Pasti banyak banget kan opini, pro dan kontra tentang kondisi Indonesia saat ini. Bahkan bukan hanya generasi terdahulu aja yang giat menyuarakan permasalahan Indonesia. Generasi milenial juga sangat peka memantau perkembangan negara ini. Seringkali mereka menunjukkan kritik soal konflik yang terjadi di media sosial atau platform digital lainnya.

Tapi sayang, dalam menuangkan pendapat, terkadang mungkin kamu bingung untuk menyuarakan aspirasimu di tempat yang pastinya efektif. Nah, sudah saatnya kamu tidak perlu bingung lagi menuangkan segala harapanmu untuk #DearFutureIndonesia yang lebih baik ke depannya. Karena IDN Times X SMARTFREN menggelar event Writing Competition.

Sebelum kamu ikutan, cari tahu dulu yuk syarat dan ketentuannya di bawah ini.

1. Apakah kompetisi ini sifatnya umum?

Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!Pexels.com/Helena Lopes

Bagi kamu yang masih ragu, siapa saja boleh mengikuti lomba menulis #DearFutureIndonesia ini. Karena IDN Times X SMARTFREN ajak kalangan milenial siapa pun boleh bergabung. Dengan syarat submit tulisan kamu via IDN Times Community.

Jika kamu belum memiliki akun, silakan register terlebih dahulu melalui link ini https://community.idntimes.com/login. Jika masih belum paham step by step membuat akun, ikuti arahan dari website IDN Times Community atau bisa hubungi live chat di dashboard IDN Times yang akan langsung dijawab dari tim IDN Times Community.

2. Pilih topik yang akan kamu kembangkan menjadi sebuah artikel

Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!Pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro

Ada 3 pilihan topik yang bisa kamu pilih.

  • Harapan untuk Indonesia
  • Kontribusi Milenial untuk membuat Indonesia lebih baik
  • Pekerjaan rumah untuk pemerintah baru

3. Ketentuan penulisan artikel, cek di sini guys

Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!Pexels.com/rawpixel.com
  • Format artikel yang digunakan adalah listicle atau poin dengan minimal 4 poin. Salah satu poin wajib membahas mengenai bahasan yang berkaitan dengan internet, khususnya produk dari SMARTFREN. Dalam poin pembahasan tersebut, kamu wajib menyertakan hashtag KuotakanSuaramu dan #Super4GKuota. Informasi mengenai produk yang bisa kamu dapatkan di https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota.
  • TIDAK DIPERBOLEHKAN mengupload tulisan bertema sama yang sudah pernah kamu tulis di blog pribadi terutama media lain. Selain itu, tidak boleh meng-copy paste tulisan karya orang lain baik hanya 3 kata berurutan dalam satu kalimat karena kami menganggap hal tersebut sebagai tindakan plagiarisme.
  • Foto-foto bisa menggunakan ilustrasi dari sosial media atau situs gambar free seperti Unsplash, Pixabay, Pexels tentunya dengan mengikuti format penulisan sumber gambar yang sesuai dengan standar IDN Times. Contohnya, Unsplash.com/Nama Akun dan/atau Instagram.com/Nama Akun
  • Jangan lupa sertakan #UGC di awal judul dan #DearFutureIndonesia di bagian excerpt. Bagi yang tidak menyertakan hashtag sesuai ketentuan maka akan kami anggap artikelnya gugur dan tidak dapat mengikuti proses seleksi artikel terbaik.
  • Kamu bisa submit artikel minimal 1 dan maksimal 4 per akun IDN Times Community.
  • Setiap satu artikel yang berhasil kamu submit maka otomatis akan mendapat bonus poin 500 atau senilai Rp50.000. Namun hanya untuk 500 artikel pertama yang di submit via IDN Times Community ya.
  • Periode kompetisi dimulai dari tanggal 1 Maret hingga 22 April 2019.

4. 50 artikel terbaik akan mendapatkan hadiah, lho

Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!Pexels.com/Breakingpic

Bagi kamu yang berhasil menjadi 50 finalis artikel terbaik, maka akan kami undang untuk menghadiri gathering bersama SMARTFREN dan IDN Times Community pada Sabtu, 27 April 2019 di Jakarta. 50 artikel terbaik hasil pilihan editor akan dijadikan sebagai sebuah buku dan nantinya akan kami serahkan kepada siapapun presiden yang terpilih.

5. Ini deretan hadiah super menarik bagi para pemenang

Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!Pexels.com/energepic.com
  • Juara Pertama berhak mendapatkan MacBook Air
  • Juara Kedua dan Ketiga berhak mendapatkan Smartphone 4G
  • Juara Keempat dan Kelima berhak mendapatkan Modem MiFi dari Smartfren dan voucher MAP senilai Rp500.000.
  • Juara Favorit berhak mendapatkan voucher MAP senilai Rp250.000

Gimana? Gampang banget ‘kan syarat dan ketentuannya? Apa lagi konten tulisannya berdasarkan pandangan kamu sendiri melihat Indonesia untuk ke depannya harus seperti apa. Jadi nggak ada alasan buat nggak mencoba #KuotakanMaumu? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera tuangkan harapanmu melalui karya tulis #DearFutureIndonesia karena #MungkinBanget kamu bisa jadi pemenangnya.

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya