Qlue dan NVIDIA Kembangkan Teknologi untuk Solusi Smart City

Qlue telah bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah

Jakarta, IDN Times - Qlue, pemimpin pasar dalam teknologi dan ekosistem smart city di Indonesia, mengumumkan telah bergabung dalam NVIDIA Inception Program. Qlue dan NVIDIA akan berkolaborasi untuk melakukan berbagai inovasi teknologi dalam mewujudkan Indonesia sebagai smart nation.

Apa saja yang mereka kembangkan bersama?

Baca Juga: 5 Istilah Unik yang Muncul pada Pesta Demokrasi 2019

1. Qlue dan NVIDIA kembangkan teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning

Qlue dan NVIDIA Kembangkan Teknologi untuk Solusi Smart CityIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Qlue dan NVIDIA melalui NVIDIA Inception Program berkolaborasi mengembangkan teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning untuk solusi smart city. NVIDIA Inception Program sendiri merupakan program akselerasi untuk mendukung startup berbasis artificial intelligence dan deep learning untuk berkembang dan berinovasi dalam evolusi di bidang teknologi industri.

"Dukungan dari NVIDIA akan membantu Qlue untuk ekspansi dan memastikan teknologi artificial intelligence menjadi terdepan dalam solusi serta ekosistem smart city," ujar Rama Raditya selaku CEO Qlue pada konferensi pers yang dilangsungkan Kamis (9/5).

Rama melanjutkan bahwa dengan adanya kerja sama antara Qlue dan NVIDIA, diharapkan semakin banyak kota yang dapat dipenetrasi. Selain itu, juga semakin banyak polda, rumah sakit, dan mal yang dapat menggunakan teknologi Qlue untuk mendukung smart city
 

2. Qlue mengeluarkan Qluevision

Qlue dan NVIDIA Kembangkan Teknologi untuk Solusi Smart CityDok. Qlue

Untuk mendukung program smart city di Indonesia, Qlue mengeluarkan Qluevision sebagai salah satu solusi. Qluevision sendiri merupakan analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, penghitungan kendaraan dan manusia, identifikasi wajah (face recognition), illegal parking, serta identifikasi plat nomor kendaraan.

Qluevision telah membantu berbagai pemerintahan kota/kabupaten, badan pemerintah, serta perusahaan swasta untuk bekerja lebih efisien dan meminimalisir kesalahan manusia secara signifikan.

3. Qlue siap ekspansi ke luar negeri

Qlue dan NVIDIA Kembangkan Teknologi untuk Solusi Smart CityIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Pada kesempatan tersebut, Rama mengatakan bahwa Qlue siap untuk mengekspansi ke luar negeri. Saat ini, Qlue sudah bekerja sama dengan beberapa negara, yakni Malaysia, Thailand, dan Myanmmar dalam menjual produk-produk mereka.

Qlue didirikan pada 2016 dengan tujuan bekerja berdampingan bersama pemerintah dalam menerapkan konsep smart city. Menurut Maya Arvini selaku Chief Commercial Officer, bahwa sampai saat ini Qlue sudah berada pada 15 kota dan mempunyai lebih dari 50 klien.


 

Baca Juga: Polri Ajukan Pencekalan Ustaz Bachtiar Nasir

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya