Comscore Tracker

2 Harimau Lepas, Pengurus Kebun Binatang: Kandang Jebol karena Longsor

Kandang berlubang besar

Jakarta, IDN Times - Pegurus Sinka Zoo Singkawang, Kalimantan Barat, Elka Surya, buka suara terkait lepasnya dua harimau koleksi mereka. Ia mengungkapkan harimau lepas karena kandang berlubang setelah terjadi longsor.

"Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lubang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur," kata Elka seperti dilansir ANTARA, Jumat (5/2/2021).

Ia mengatakan saat itu pawang sudah berusaha mencegah kedua harimau. Namun nahas, salah seorang pawang bernama Ferry Darmawan malah diserang dan akhirnya meninggal dunia.

1. Masih berada di kawasan kebun binatang

2 Harimau Lepas, Pengurus Kebun Binatang: Kandang Jebol karena LongsorKoleksi Harimau Sumatera yang ada di Secreet Zoo. Beberapa spesies seperti Harimau Jawa dan Harimau Bali sudah punah. IDN Times/ Alfi Ramadana

Elka mengungkapkan, kedua harimau diperkirakan masih berada di kawasan kebun binatang. Pihaknya pun meminta bantuan polisi hingga TNI untuk melakukan penangkapan.

"Saat ini kami sudah dibantu pihak polisi dan TNI di lapangan. Semoga saja dua harimau tersebut dapat ditangkap," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Kapolres Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo. Ia mengatakan, kedua harimau belum kembali ke kandang.

"Sampai saat ini, harimau tidak mau memasuki kandang dan masih berada di seputaran kebun binatang Tanjung Bajau," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: 2 Harimau Lepas dari Kandang Terkam Penjaga dan Masih Berkeliaran

2. Harimau lepas saat di areal bermain

2 Harimau Lepas, Pengurus Kebun Binatang: Kandang Jebol karena LongsorNadia, harimau betina Melayu berumur 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, yang menurut pihak kebun binatang teruji positif terinfeksi virus corona (COVID-19) muncul pada foto tanpa tanggal yang disediakan Kebun Binatang Bronx di New York. (ANTARA FOTO/WCS/Handout via REUTERS)

Prasetyo menceritakan awalnya pawang bernama Agus Alpian mengeluarkan dua harimau ke area bermain. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan.

Setelah melepaskan harimau, Agus pun menitipkannya kepada pawang lain bernama Itus. Sebab saat itu dirinya ada acara keluarga dan sudah izin dengan atasannya.

Namun, pada pukul 14.00 WIB, Agus menerima pesan melalui WhatsApp bahwa harimau lepas karena kandang jebol. Agus pun bergegas mengecek hal tersebut.

Saat melakukan pengecekan itu, Agus melihat Ferry sudah tergeletak bersimbah darah, diduga diterkam harimau.

3. Masyarakat diimbau waspada

2 Harimau Lepas, Pengurus Kebun Binatang: Kandang Jebol karena LongsorIlustrasi harimau (IDN Times/Solotrust.com)

Sementara itu, Kasi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto, mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada terkait kasus lepasnya dua harimau dari Sinka Zoo. Namun, ia meminta masyarakat tidak panik.

Ia mengaku telah mendapatkan laporan dari pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua harimau pada Jumat (5/2/2021). Suparto pun sudah meminta pihak kebun binatang untuk tutup sementara,

"Kami sudah menghubungi pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua ekor harimau tersebut dan memang benar, bahwa ada dua ekor harimau yang lepas," kata Suparto dikutip dari ANTARA, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Kabur dari Kandang, 2 Harimau Terkam Pawang Sinka Zoo di Singkawang 

Topic:

Berita Terkini Lainnya