Comscore Tracker

Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas Tangerang

44 orang narapidana tewas akibat kebakaran di Lapas

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR, Syarifuddin Suding, meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bertanggung jawab penuh atas kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, Banten. Kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari tersebut setidaknya menewaskan 44 orang warga binaan atau narapidana hingga Kamis (9/9/2021).

"Saya kira ini Pak Yasonna yang harus bertanggung jawab penuh, bukan cuma di tingkat Ditjen dan kepala Lapas," ungkap Suding kepada media di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (8/9/2021).

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PAN itu mengatakan permasalahan Lapas di Indonesia sangat kompleks. Mulai dari isu over kapasitas, peredaran narkoba hingga perlakuan tak manusiawi terhadap napi.

1. Yasonna diminta lakukan tindakan riil

Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas TangerangMenkumham Yasonna Laoly rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan (9/6/2021). (dok. Humas Kemenkumham)

Suding mengatakan peristiwa kebakaran Lapas Klas I Tangerang bukan pertama kali. Sebelumnya, Lapas di Kabanjahe, Sumatra Utara, juga mengalami hal serupa.

Ia menuturkan Komisi III DPR sudah berkali-kali meminta Yasonna membenahi persoalan Lapas. Suding pun meminta Yasonna melakukan tindakan riil.

"Kami minta tidak lagi sekadar retorika, tapi harus ada tindakan riil di lapangan seperti apa," kata dia. 

Baca Juga: Presiden Harus Evaluasi Menkumham soal Kebakaran Maut Lapas Tangerang

2. Jokowi diminta evaluasi kinerja Yasonna

Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas TangerangMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly ketika meninjau Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) (www.instagram.com/@yasonna.laoly)

Dia juga meminta Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengevaluasi kinerja Yasonna, khususnya terkait persoalan Lapas. Suding menilai sejak Yasonna menjabat pada 2014, belum ada tindakan konkret. 

"Saya rasa cukup banyak persoalan di Lapas dan di bawah kendalinya dia (Yasonna). Saya kira presiden perlu evaluasi, karena sepertinya terlalu nyaman dia," kata Suding. 

3. Korban tewas kebakaran Lapas Tangerang tambah jadi 44 orang

Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas TangerangFoto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). ANTARA FOTO/Handout/Bal.

Korban tewas akibat kebakaran di Lapas Tangerang bertambah tiga orang. Sehingga, totalnya korban yang meninggal menjadi 44 orang.

Penambahan tersebut dikonfirmasi Humas RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani. Ia mengatakan para korban meninggal lantaran organ-organnya yang sudah tidak berfungsi.

"Meski sudah kita pasang ventilator dan kita observasi intensif di ICU," jelas Hilwani pada Kamis (9/9/2021).

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti, juga membenarkan perihal adanya tambahan korban tewas tersebut.

"Pada hari ini telah meninggal dunia narapidana korban kebakaran di Lapas Kelas IA Tangerang di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Korban Meninggal Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya