Anies ke Jakmania: Janji Segera Tuntas, Pembangunan JIS Sudah 88 Persen

Anies minta Jakmania jadi suporter berkelas internasional

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan janjinya untuk membangun stadion bertaraf internasional di Jakarta segera tuntas. Ia menyampaikan hal tersebut pada peringatan HUT ke-24 Jakmania di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu (19/12/2021).

Anies mengungkapkan proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, yang akan menjadi kandang Persija Jakarta, sudah mencapai 88 persen.

"Janji itu akan segera tuntas. Apa itu? Janjinya adalah menghadirkan stadion internasional di Jakarta. Alhamdulillah teman-teman semua, sebentar lagi akan tuntas, saat ini (progres) sekitar 88 persen," kata Anies dikutip dari ANTARA.

1. Anies minta Jakmania jadi suporter teladan

Anies ke Jakmania: Janji Segera Tuntas, Pembangunan JIS Sudah 88 PersenTwitter/@Persija_Jkt

Di sisi lain, Anies meminta Jakmania untuk bersiap menjadi suporter kelas internasional. Ia berharap Jakmania ke depan menjadi teladan bagi suporter lain.

"Mulai sekarang, The Jak bersiap untuk bisa setara dengan stadion. Stadion internasional, kesebelasannya internasional, dan suporternya kelas internasional. Kita berharap The Jak tunjukkan bukan hanya tempatnya yang kelas global, tetapi suporternya juga bisa jadi teladan," ujar Anies.

Baca Juga: Anies Ajak Warga ke JIS Pakai Transportasi Umum, Bakal Ada Stasiun

2. Pembangunan JIS masuki tahap akhir

Anies ke Jakmania: Janji Segera Tuntas, Pembangunan JIS Sudah 88 PersenGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan pembangunan JIS telah memasuki tahap akhir. Sejumlah pekerjaan bagian dalam (interior) tengah dilaksanakan.

Di antaranya, pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast tribun penonton, pemasangan lampu, hingga pemasangan sistem audio (sound system).

3. JIS masuk daftar 10 stadion termegah di dunia

Anies ke Jakmania: Janji Segera Tuntas, Pembangunan JIS Sudah 88 PersenPembangunan Jakarta International Stadium (Instagram.com/aniesbaswedan)

JIS tercatat masuk dalam daftar 10 stadion termegah di dunia. Hal tersebut tertuang dalam laporan media asal Inggris, Daily Mail, pada 20 Februari 2021.

Laporan itu menyebut JIS sejajar dengan Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikat bangunan ramah lingkungan (green building) level platinum pada aspek "Design Recognition".

Baca Juga: Gubernur Anies: 20 Ribu Kursi Penonton di JIS Sudah Terpasang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya