Comscore Tracker

Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, 11 Posko Antigen Acak Didirikan

11 posko antigen didirikan di Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendirikan 11 posko di Jawa Barat untuk pelaksanaan rapid test antigen COVID-19 acak. Sasarannya ialah pengguna jalan yang hendak menuju Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan langkah ini dilakukan untuk memperketat pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan hari ini kita akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta,” jelas Budi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5/2021).

1. Daftar 11 posko antigen acak di Jawa Barat

Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, 11 Posko Antigen Acak DidirikanWarga mengikuti rapid tes antigen di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020). Rapid tes gratis yang diselenggarakan oleh kepolisian itu bertujuan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di masa mudik Natal dan tahun baru (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebanyak 11 posko antigen ini didirikan atas kerja sama Kemenhub dengan Kementerian Kesehatan, Kepolisian dan TNI. Adapun, daftarnya sebagai berikut:

1. Posko Nagreg: lingkar Nagreg barat.
2. Posko Cileunyi: exit tol Cileunyi.
3. Posko Cikopo: Cikopo.
4. Posko Cirebon: exit tol Ciperna.
5. Posko Karawang: Tanjung Pura.
6. Posko Banjar: Cijolang.
7. Posko Sukabumi: Cibolang.
8. Lohbener Indramayu.
9. UPPKB Balonggandu.
10. Puncak Pass Cianjur.
11. Posko Susukan Cirebon.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan rapid test antigen gratis untuk pengendara motor di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu, Karawang.

Baca Juga: 1,5 Juta Pemudik Kembali ke Jabodetabek, Korlantas Perketat Arus Balik

2. Antigen untuk pastikan masyarakat yang kembali ke Jakarta sehat

Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, 11 Posko Antigen Acak Didirikan(Warga berolahraga di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (11/10/2020). Sebagian warga tetap berolah raga di luar ruang di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2 Jakarta demi menjaga kebugaran mereka selama pandemi COVID-19) ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Budi mengatakan jumlah rapid test antigen acak ini disesuaikan dengan alat yang tersedia di Satgas Penanganan COVID-19 dan Kemenkes. Ia berharap tes acak bisa dilakukan kepada mayoritas pengguna jalan.

"Pada prinsipnya kami inginkan semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat, tidak terpapar COVID-19 dan kita harapkan Jakarta sebagai pusat kegiatan ekonomi dan sebagainya. Untuk itu semua pintu masuk Jakarta akan kita lakukan dengan rapid test antigen," ucapnya.

3. Sebanyak 21 rest area dan gerbang tol dilengkapi pos antigen

Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, 11 Posko Antigen Acak DidirikanTol layang Jakarta-Cikampek (IDN Times/Sunariyah)

Selain itu, Budi memastikan, terdapat 21 rest area dan gerbang tol dari Surabata hingga Jakarta yang dilengkapi pos rapid test antigen.

“ Dalam pos ini intinya pengujian terhadap masyarakat yang akan ke Jakarta. Kalau hasilnya positif nanti akan ada treatment khusus dan tindakan lanjutan dari Kementerian Kesehatan tapi kalau negatif dapat melanjutkan perjalanan,” kata dia.

Kemenhub memprediksi arus balik ke Jakarta akan terjadi pada Sabtu (15/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021). Puncaknya, diperkirakan terjadi pada Minggu malam.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Tes Acak untuk Antisipasi Arus Balik Lebaran

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya