Bhayangkara Mural Festival, Kapolri: Kritik Terpedas Jadi Sahabat

Kapolri tegaskan Polri menghargai kebebasan berekspresi

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menghadiri puncak acara Bhayangkara Mural Festival 2021, Sabtu (30/10/2021). Dalam sambutannya, ia mengatakan mural yang mengandung kritikan paling pedas buat Polri akan dijadikan sahabat.

"Khusus mural kritikan Polri, kalau gambarnya paling pedas kami terima dan saya jamin akan jadi sahabatnya Kapolri, temannya Kapolri," kata Listyo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari ANTARA.

Dia mengatakan mural bermuatan kritik positif maupun negatif menjadi motivasi untuk melakukan evaluasi. Listyo pun berjanji akan selalu melakukan instrospeksi dan berubah agar bisa menjadi lebih baik sesuai harapan masyarakat.

1. Terima saran untuk terus menjadikan Polri semakin baik

Bhayangkara Mural Festival, Kapolri: Kritik Terpedas  Jadi SahabatKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Listyo menginginkan masyarakat memberikan gambaran kepada Polri tetang bagaimana presepsinya. Sehingga, Polri setiap hari bisa berbenah, baik dari institusi maupun personel.

"Sehingga kami bisa mempersiapkan institusi dan personel menjadi lebih baik, sehingga bisa mempersiapkan perosnel-personel kami jadi lebih baik, dipercayai publik, dan dicintai," kata dia.

Baca Juga: Kompolnas Dukung Kapolri soal 'Potong Kepala'

2. Polri hargai kebebasan berekpresi

Bhayangkara Mural Festival, Kapolri: Kritik Terpedas  Jadi SahabatGedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Bhayangkara Mural Festival 2021 menurutnya merupakan bukti Polri antikritik. Listyo menegaskan instansi yang dipimpinnya menghormati kebebasan berprekspresi.

Kebebasan berekspresi, kata dia, sejalan dengan pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo bahwa Indonesia adalah negara yang demokratis dan menghargai kebebasan berekspresi.

"Oleh karena itu tentunya kami institusi Polri berpegang teguh aturan-aturan yang ada, arahan dari Bapak Presiden terkait kebebasan berekspresi. Hari ini saya tegaskan bahwa tegaskan Polri sangat menghormati kebebasan berekspresi," ujarnya.

3. Ada 803 peserta mural yang diselenggarakan Polri

Bhayangkara Mural Festival, Kapolri: Kritik Terpedas  Jadi SahabatIlustrasi kampanye menggunakan masker. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Bhayangkara Mural Festival 2021 merupakan gelaran perdana. Kegiatan tersebut diikuti 803 peserta dari 34 Polda jajaran serta wilayah Jabodetabek.

Dari 803 peserta dilakukan seleksi, hingga meloloskan 453 karya muralis dari 34 Polda dan wilayah Jabodetabek. Kemudian sketsa itu dikurasi juri hingga terpilih 80 muralis yang diikutikan dalam festival tingkat nasional.

Lomba ini mengangkat tema "Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi COVID-19". Kepolisian Indonesia juga menyediakan 10 slot mural subtema kritik untuk mereka.

Baca Juga: Polri Gelar Lomba Mural Piala Kapolri 2021, Hadiahnya Rp90 Juta!

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya