BMKG: Tsunami Akibat Erupsi Gunung di Tonga Tak Terjang Indonesia

Wilayah Indonesia tak terdampak erupsi gunung di Tonga

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan tsunami akibat erupsi gunung bawah laut di perairan Tonga tak menerjang Indonesia. Kepastian itu didapat dari hasil observasi muka laut.

"Letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya, Minggu (16/1/2022).

Diketahui, gunung bawah laut di Tonga mengalami erupsi besar pada Sabtu (15/1/2022). Imbasnya beberapa daerah mengalami tsunami.

1. BMKG imbau masyarakat Indonesia tenang

BMKG: Tsunami Akibat Erupsi Gunung di Tonga Tak Terjang IndonesiaIlustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bambang menegaskan ancaman tsunami akibat erupsi gunung bawah laut di Tonga tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Ia mengimbau masyarakat untuk tenang.

"Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Baca Juga: 5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan Tsunami

2. Daerah di Papua Nugini dan Australia diterjang tsunami

BMKG: Tsunami Akibat Erupsi Gunung di Tonga Tak Terjang IndonesiaTsunami melanda ibu kota Tonga, Nuku'alofa tak lama setelah gunung bawah laut di Tonga meletus (www.twitter.com/@sakakimoana)

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) melaporkan tsunami menerjang beberapa wilayah di berbagai negara. Di antaranya daerah Twofold Bay, Australia, pada 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB diterjang tsunami dengan ketinggian 67 cm.

Selanjutnya, daerah Lombrum Manus Island di Papua Nugini pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB diterjang tsunami dengan ketinggian 20 cm.

3. Tsunami setinggi satu meter terjang Jepang

BMKG: Tsunami Akibat Erupsi Gunung di Tonga Tak Terjang IndonesiaGunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang meletus pada Jumat, 14 Januari 2022 (Dokumentasi Tonga Geological Services)

Dikutip dari ANTARA, gelombang tsunami sekitar satu meter menerjang daerah pesisir Jepang, Minggu (16/1/2022) pagi. Stasiun penyiaran nasional Jepang NHK melaporkan sebanyak 10 perahu di Prefektur Kochi, Pulau Shikoku, terbalik.

Sementara itu, maskapai Japan Airlines membatalkan 27 penerbangan di bandara di seluruh Jepang.

Otoritas Jepang juga menyarankan 230.000 orang dari delapan prefektur mengungsi lantaran risiko tsunami. Termasuk, warga di area yang dihantam tsunami mematikan pada 2011.

Baca Juga: Tonga Dilanda Tsunami karena Gunung Berapi Bawah Laut Meletus

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya