[CEK FAKTA] Ada Pembangunan Asrama Tentara Merah Tiongkok di Jabar?

Yuk cek dulu faktanya di sini sebelum share

Jakarta, IDN Times - Sebuah pesan berantai yang membicarakan terkait pembangunan di Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat, beredar. Pesan itu mempertanyakan informasi adanya pembangunan asrama untuk Tentara Merah Tiongkok.

Sebuah foto bangunan disertakan dalam pesan berantai tersebut. Jika benar, pesan itu pun mengajak warga Jawa Barat untuk menggeruduk.

"Mohon dicheck informasi, sedang di bangun Asrama ... katanya untuk Tentara Merah TKA China, lokasinya di Cikalong Wetan Bandung Barat. Mohon bantuannya untuk validasi informasi ini haturnuhun,
Ingat tgl 23 Mei adalah hari Jadi Kimunis untuk mereka bangkit TOLONG DIPANTAU BENAR APA TIDAKNYA WARGA JABAR GERUDUUK KALAU BENAR DAN SEGERA USIR MEREKA KELUAR DARI INDONESIA," tulis pesan tersebut.

Namun, benarkah ada pembangunan asrama Tentara Merah Tiongkok?

1. Pembangunan asrama Tentara Merah Tiongkok adalah hoaks

[CEK FAKTA] Ada Pembangunan Asrama Tentara Merah Tiongkok di Jabar?ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan informasi terkait pembangunan asrama Tentara Merah Tiongkon di Jawa Barat adalah hoaks. Hal tersebut mengutip dari Jabar Saber Hoaks, berdasarkan informasi otoritas setempat.

"Faktanya, foto yang diklaim sebagai bangunan untuk asrama Tentara Merah China yang berloaksi di Cikalong Wetan Bandung Barat adalah keliru," tulis Kominfo di laman kominfo.go.id.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi Reklamasi

2. Bangunan yang di foto mes pekerja KCIC asal Tiongkok

[CEK FAKTA] Ada Pembangunan Asrama Tentara Merah Tiongkok di Jabar?IDN Times/Hana Adi Perdana

Kominfo menjelaskan bangunan yang ada pada foto di pesan berantai hoaks merupakan mes pekerja asal Tiongkok. Para pekerja itu mengerjakan terowongan (tunnel) 64 pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dikerjakan oleh PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Mes tersebut sudah dibongkar pada Maret 2021. Berdasarkan pantauan pihak terkait, Minggu (6/5/2021), di lokasi sudah tidak ada lagi bangunan mes.

3. Jokowi targetkan KCJB uji coba pada 2022

[CEK FAKTA] Ada Pembangunan Asrama Tentara Merah Tiongkok di Jabar?Presiden Jokowi tinjau jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pengerjaan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 73 persen. Ia pun menargetkan pada 2022 mendatang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah biaa diuji coba.

"Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi. Dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan. Dan tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Ia berharap nantinya kereta cepat tersebut bisa terintergrasi dengan LRT dan MRT di Jakarta.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Pasukan TNI Dikabarkan Telah Tiba di Palestina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya