Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Apa Benar Presiden Jokowi Pulang Kampung?

Yuk cek dulu faktanya di sini!

Jakarta, IDN Times - Video yang memperlihatkan rombongan pengawal Presiden Joko "Jokowi" Widodo beredar di media sosial Twitter. Pada video tersebut, dipertanyakan apakah benar Jokowi pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah.

"Apa iya Jokowi pulang kampung??? Berarti... Yg mudik...," tulis akun @FKadrun selaku pengunggah video pada Sabtu (8/5/2021).

Video tersebut telah ditonton lebih dari 21,5 ribu kali pada Minggu (9/5/2021). Setidaknya, sebanyak 330 pengguna Twitter me-retweet unggahan tersebut.

Namun, apa benar Jokowi pulang kampung?

1. Jokowi tidak pulang kampung

Dikutip dari ANTARA, Minggu (9/5/2021), rombongan pengawal yang terlihat dalam video memang iring-iringan Presiden Jokowi. Namun, rombongan tersebut tidak mudik.

Video tersebut menampilkan perjalanan kunjungan kerja yang dilakukan Jokowi di Jawa Timur pada Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Terbang ke Jatim, Jokowi Akan Resmikan Pengolahan Sampah Jadi Listrik

2. Jokowi kunjungan kerja ke Lamongan dan Surabaya

[CEK FAKTA] Apa Benar Presiden Jokowi Pulang Kampung?Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meninjau Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong, Lamongan (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Rombongan Jokowi melakukan kunjungan kerja di Lamongan dan Surabaya. Kunjungan ini berlangsung dalam satu hari.

Jokowi mengunjungi Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong di Lamongan. Selanjutnya, ia menunju Surabaya untuk mengunjungi dan meresmikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik di TPA Benowo.

3. Selesai acara langsung kembali ke Jakarta

[CEK FAKTA] Apa Benar Presiden Jokowi Pulang Kampung?Presiden Joko Widodo saat hendak bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu, (14/2/2021). ANTARA/BPMI Setpres/Muchlis Jr/pri

Setelah melakukan kunjungan kerja tersebut, pada sore hari, Jokowi bersama rombongan langsung kembali bertolak ke Jakarta.

Adapun, yang ikut dalam rombongan ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga: Dialog dengan Nelayan, Jokowi Janji Akan Lakukan Perbaikan Pelabuhan

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya