Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Suara Minta Tolong dalam Video Pencarian Sriwijaya Air

Dari manakah sumber suara dalam video itu?

Jakarta, IDN Times - Sebuah video operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, viral di media sosial. Video menjadi sorotan warganet karena adanya suara seperti orang meminta tolong.

Pengunggah pertama video tersebut adalah akun TikTok @abdulazis171, Jumat, 15 Januari 2021. Dalam keterangannya, akun tersebut mengatakan tidak melakukan proses edit video.

"Detik2 penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas😭😭#damkarpulauseribu #damkarindonesia #jagoUTBK," tulis akun @abdulazis171.

Hingga Rabu (20/1/2020), video operasi pencarian Sriwijaya Air tersebut mendapatkan 1,5 juta likes. Selain itu, video juga menuai 23,9 ribu komentar pengguna TikTok dan sudah dibagikan 20,6 ribu kali.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Vaksinasi COVID-19 Presiden Jokowi Harus Diulang

1. Video disebut diambil saat operasi penyisiran di permukaan laut

[CEK FAKTA] Suara Minta Tolong dalam Video Pencarian Sriwijaya AirSituasi di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kepala Sektor 8 Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Eko Mahendro, membenarkan adanya video tersebut. Menurutnya, video diambil salah satu anggota Pemadam Kebakaran.

"Video tersebut benar diambil oleh personil Damkar yang sedang melaksanakan operasi penyisiran di permukaan laut, dengan menggunakan rescue boat milik Damkar," kata Eko kepada IDN Times, Rabu.

Eko mengungkapkan video tersebut diambil pada Selasa, 12 Januari 2021 pukul 12.20 WIB. Area pengambilan video berada di perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

2. Suara hanya terdengar dalam video

[CEK FAKTA] Suara Minta Tolong dalam Video Pencarian Sriwijaya AirSituasi di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Sandy Firdaus)

Eko telah melakukan perbincangan dengan sejumlah personel operasi yang berada di kapal tersebut. Menurut keterangan yang diperolehnya, suara misterius hanya terdengar dalam video.

Ia mengatakan para personel yang berada di kapal tidak mendengar secara langsung suara misterius itu. "Yang terjadi adalah hanya suara dari hasil rekaman di video tersebut," ungkap Eko.

3. Suara diduga berasal dari angin

[CEK FAKTA] Suara Minta Tolong dalam Video Pencarian Sriwijaya AirSuasana JICT II, Tanjung Priok. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terkait sumber suara misterius dalam video tersebut, Eko menduga berasal dari angin. Sebab, pada saat operasi pencarian, angin memang berembus kencang.

"(Diduga) suara tersebut adalah terjadi karena suara angin yang sangat kuat, sehingga mic handphone menangkapnya menjadi suara seperti terdengar seperti itu," ujarnya.

Menurut Eko, dugaan tersebut selaras dengan pendapat pakar telematika Roy Suryo. Pendapat tersebut dituliskan Roy dalam akun Twitter pribadinya, @KRMTRoysuryo2, pada Senin (18/1/2020).

"Tweeps, Viral Video durasi 18 dtk dari Akun TikTok @abdulazis171 yg disebut2 suara 'Teriakan Korban2 SJ-182' (?). Kasus 'noise"'begini kerap terjadi saat Mic kena Angin yg kuat, apalagi cuman HP. Makanya Mic Profesional selalu dilengkapi Muffler/Silencer agar Suara masuk 'Klir'," tulis Roy.

Baca Juga: KNKT Umumkan Hasil Investigasi Awal Sriwijaya Air Bulan Depan

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya