Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Uap Rebusan Daun Jambu dan Jahe Obati COVID-19?

Suhu panas tidak bisa mengobati COVID-19

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggahan di Facebook mengklaim uap rebusan jambu hingga jahe bisa mengobati COVID-19. Uap tersebut dikatakan bisa membersihkan paru-paru.

Unggahan tersebut dibuat akun Facebook dengan nama Samsonie Kwenda dalam forum Cosmo City Vibes. Klaim tersebut pun viral di media sosial lainnya.

Daun jambu, jahe, bawang putih, lemon, bawang merah dan cuka. Campur dengan air panas. Hirup uap panas hasil rebusan bahan-bahan tersebut 3 kali sehari hingga anda berkeringat. Uap itu akan membuat saluran pernapasan anda tetap lancar dan paru-paru anda bersih. Lakukan untuk diri anda sendiri. Mari lawan Covid19 bersama-sama…" tulis akun Samsonie Kwenda yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Lalu, apakah isi unggahan tersebut benar?

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia Bisa Go Show? 

1. Tidak ada penelitian yang membuktikan

[CEK FAKTA] Uap Rebusan Daun Jambu dan Jahe Obati COVID-19?Unggahan terkait uap rebusan daun jambu dan jahe. (turnbackhoax.id)

Baca Juga: [CEK FAKTA] Vaksinasi COVID-19 untuk Jomblo pada Maret

Satgas Penanganan COVID-19 menyatakan unggahan tersebut tidak benar. Dilansir laman covid19.go.id yang mengutip turnbackhoax.id, Minggu (7/3/2021), hingga saat ini belum ada penelitian yang dilakukan terkait pengobatan COVID-19 menggunakan uap.

"Berdasarkan hasil penelusuran, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa uap panas dapat mengobati COVID-19, terlebih uap panas hasil rebusan daun jambu," tulis Satgas COVID-19.

2. Suhu panas tidak bisa mengobati COVID-19

[CEK FAKTA] Uap Rebusan Daun Jambu dan Jahe Obati COVID-19?Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selain itu, mereka mengungkapkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meyatakan suhu panas tidak bisa mengobati COVID-19. Termasuk, berjemur di bawah sinar matahari.

"Membiarkan diri terpapar sinar matahari maupun suhu panas lebih dari 25 derajat celcius tidak dapat mencegah maupun mengobati COVID-19," imbuhnya.

3. Virus corona di permukaan benda

[CEK FAKTA] Uap Rebusan Daun Jambu dan Jahe Obati COVID-19?Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan hasil penelitian suhu panas bisa melemahkan partikel virus corona yang berada di permukaan benda tertentu. Penelitian ini dilakukan tim dari Universitas St. Thomas, Minnesota, Amerika Serikat.

"(Tapi) Bukan ketika virus tersebut sudah masuk ke dalam tubuh manusia," tegas Satgas COVID-19.

Baca Juga: 5 Fakta B117, Virus Corona Mutasi Baru Asal Inggris

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya