Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Vaksinasi di ITC Depok Bisa Daftar di Tempat Pakai KTP?

Cek faktanya di sini, benar gak bisa langsung daftar offline

Jakarta, IDN Times - Informasi adanya vaksinasi COVID-19 yang bisa daftar di tempat beredar di media sosial. Lokasi vaksinasi disebut berada di ITC Depok.

Informasi itu mengatakan, masyarakat bisa langsung mendaftar menggunakan KTP dan vaksinasi.

"Sekilas Info. Yg belom vaksinasi di ITC Depok lagi buka. Langsung dateng aja bawa KTP," isi informasi yang beredar tersebut.

Namun, benarkah informasi vaksinasi virus corona di ITC Depok bisa daftar langsung?

1. ITC Depok tak layani pendaftaran vaksinasi di tempat

[CEK FAKTA] Vaksinasi di ITC Depok Bisa Daftar di Tempat Pakai KTP?Hoaks vaksinasi COVID-19 di ITC Depok bisa daftar di tempat. (kominfo.go.id)

Mengutip laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pada Senin (26/7/2021), informasi terkait pendaftaran dan vaksinasi langsung di ITC Depok tidak benar. Sentra vaksinasi COVID-19 di ITC Depok tidak melayani pendaftaran di tempat.

"Setelah ditelusuri, informasi pendaftaran vaksinasi COVID-19 on the spot di ITC Depok adalah tidak benar atau hoaks," tegas Kominfo.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Dunia Setujui Penggunaan Vaksin Nusantara Buatan Terawan?

2. ITC Depok buka pendaftaran secara online

[CEK FAKTA] Vaksinasi di ITC Depok Bisa Daftar di Tempat Pakai KTP?Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Sementara itu, pihak ITC Depok menyatakan, pendaftaran vaksinasi COVID-19 hanya bisa dilakukan secara online. Link pendaftaran akan diunggah pada akun media sosial resmi ITC Depok.

"Kami tidak pernah melayani pendaftaran secara offline," tegas ITC Depok dalam akun Instagram resminya, @itcdepok.

"Semua pendaftaran vaksinasi dilakukan melalui online atau link yang kami berikan pada media sosial kami," imbuh mereka.

3. Data vaksinasi terkini nasional

[CEK FAKTA] Vaksinasi di ITC Depok Bisa Daftar di Tempat Pakai KTP?Vaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi virus corona demi terwujudnya kekebalan kelompok atau herd immunity. Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, jumlah orang yang mendapat vaksin virus corona terus bertambah dari hari ke hari.

Pada Minggu (25/7/2021), tercatat ada 362.048 orang yang mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama. Penambahan ini membuat total orang yang sudah divaksinasi dosis pertama menjadi 44.469.974 orang.

Sementara itu, sebanyak 430.508 orang dalam sehari mendapatkan vaksin dosis kedua. Sehingga, total yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 yakni sebanyak 17.906504 orang.

Meski begitu, jumlah orang yang sudah divaksinasi itu masih jauh dari target pemerintah, sebesar 208.265.720 orang.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Tabung Selam Bisa Digunakan untuk Oksigen Medis?

Topic:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya