Comscore Tracker

Digantikan Ganip, Ini Pesan Terakhir Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Doni akan memasuki masa pensiun sebagai prajurit TNI

Jakarta, IDN Times - Letjen TNI Doni Monardo resmi menanggalkan jabatannya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Doni digantikan oleh Letjen TNI Ganip Warsito yang telah dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa (25/5/2021).

Doni telah menjabat lebih dari dua tahun sebagai Kepala BNPB, tepatnya mulai 9 Januari 2019. Terkait dengan masa purna tugasnya, ia menyampaikan pesan khusus untuk BNPB.

“Kami mohon pamit sebagai Kepala BNPB, sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Juga berakhirnya masa tugas sebagai TNI aktif dan memasuki masa purna bakti,” pesan Doni secara tertulis, dikutip dari siaran pers BNPB.

Doni mengucapkan terima kasih atas kerja sama awak BNPB selama dirinya menjabat.

1. Alasan Jokowi angkat Ganip sebagai Kepala BNPB

Digantikan Ganip, Ini Pesan Terakhir Doni Monardo sebagai Kepala BNPBPresiden Jokowi melantik Ganip Warsito sebagai kepala BNPB (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi melantik Ganip sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta, hari ini. Pergantian orang nomor satu di lembaga penanganan bencana ini dilakukan karena Doni segera memasuki masa pensiun sebagai TNI.

Sedangkan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan Jokowi ingin BNPB dinakhodai perwira tinggi TNI aktif. Ganip sebelumnya merupakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan,” ujar Pratikno seperti dikutip dari siaran pers BNPB.

Baca Juga: Jokowi Lantik Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB, Gantikan Doni Monardo

2. Pencapaian Doni selama dua tahun menjabat

Digantikan Ganip, Ini Pesan Terakhir Doni Monardo sebagai Kepala BNPBPresiden Jokowi bersama Kepala BNPB Doni Monardo meninjau daerah terdampak longsor di Kabupaten Bogor. (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengungkapkan Doni selama dua tahun menjabat telah melakukan banyak pencapaian. Ia memiliki kiprah luar biasa selama memimpin penanggulangan bencana di Indonesia.

Misalnya penanganan gempa bumi di Sulawesi Barat dan cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Barat, serta penanganan pandemik COVID-19 yang masih berlangsung. Pemikiran dan langkah konkret Doni pun bisa menumbuhkan organisasi penanggulangan bencana di Indonesia,

"Jargon 'Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita' sangat kuat dalam kepemimpinannya sebagai salah satu upaya mitigasi bencana," kata Raditya dalam keterangannya.

"BNPB mengucapkan terima kasih kepada Letjen TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo atas pengabdian dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Selamat dan sukses untuk amanat di tempat yang baru," imbuhnya.

3. Mengenal Ganip Warsito pengganti Doni

Digantikan Ganip, Ini Pesan Terakhir Doni Monardo sebagai Kepala BNPBLetjen Ganip Warsito. (Dok Istimewa)

Ganip merupakan Kepala BNPB keempat, setelah kepemimpinan beberapa jenderal TNI, yaitu Doni Monardo, Willem Rampangilei dan Syamsul Maarif. Sebelumnya, Ganip menjabat sebagai Kasum TNI sejak pertengahan Januari 2021.

Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, itu merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986. Selama di militer, Ganip menempati sejumlah posisi strategis, antara lain Pangkogabwilhan III (2019 – 2021), Asops Panglima TNI (2018 – 2019), Pangdam XIII/Merdeka (2016 – 2018) dan Pangdivit 2/Kostrad (2015 – 2016).

Perwira tinggi 57 tahun itu memiliki gelar sarjana ekonomi dan magister manajemen.

Baca Juga: Rekam Jejak Ganip Warsito, Pengganti Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya