Kapolri Listyo Temui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama Keamanan

TNI dan Polri berkomitmen beri rasa aman

Jakarta, IDN Times - Setelah bersafari ke sejumlah organisasi masyarakat, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Silaturahmi berlangsung di Kantor Subden Denma Mabes TNI, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2021).

Listyo mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas sejumlah kerja sama antara Polri dan TNI, salah satunya berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Hari ini kami melakukan silaturahmi kepada bapak Panglima TNI bersama jajaran pejabat utama Mabes Polri. Kami diterima oleh Panglima TNI beserta jajaran pejabat utama Mabes TNI," kata Listyo dalam keterangan tertulisnya.

1. Listyo ingin meningkatkan sinergisme dengan TNI

Kapolri Listyo Temui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama KeamananKapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. (Humas Polri)

Ia mengaku menemui Panglima TNI juga merupakan upaya untuk mempererat sinergisme antara Polri dan TNI. Menurutnya, hal tersebut mencontoh para petinggi Polri dan TNI sebelumnya.

"Kewajiban saya selaku Kapolri baru menjaga, dan bahkan meningkatkan sinergisme dan soliditas yang telah kami laksanakan. Karena memang banyak sekali kegiatan-kegiatan penugasan kerja sama dalam hal kamtibmas yang selama ini telah kita laksanakan," ujarnya.

Listyo pun mencontohkan sinergisme antaran Polri dan TNI. Di antaranya adalah penegakan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19, kegiatan operasi di Poso dan Papua, serta penanganan bencana alam.

Baca Juga: Pakai Peci, Kapolri Listyo Kunjungi Muhammadiyah

2. Komitmen beri rasa aman agar ekonomi tumbuh dengan baik

Kapolri Listyo Temui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama KeamananKapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. (Humas Polri)

Menurut Listyo, Polri dan TNI akan terus berkomitmen meningkatkan sinergisme. Sehingga, masyarakat dapat mendapatkan rasa aman dengan adanya anggota Polri dan TNI di lapangan.

Ia menilai, rasa aman tersebut dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang baik di tanah air.

"Kami terus berkomitmen agar soliditas dan sinergitas TNI Polri, terus akan menjadi lebih baik dan solid, sehingga masyarakat merasakan TNI Polri di lapangan memberikan rasa aman, memelihara kamtibmas, sehingga iklim pertumbuhan ekonomi dan investasi serta penegakan aturan bisa dilaksanakan dengan baik. Masyarakat juga bisa merasakan kehidupan normal," kata Listyo.

3. Turut bahas rencana rapat pimpinan TNI-Polri

Kapolri Listyo Temui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama KeamananANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dalam silaturahmi tersebut, turut dibahas rencana rapat pimpinan TNI dan Polri. Rapat pimpinan akan diselenggarakan pada Februari 2021.

"Kemudian konteks tugas, TNI senantiasa mendukung terlaksananya penegakan hukum yang dilaksanakan Polri demi terciptanya kamtibmas," kata Hadi.

Salah satu contoh dukungan TNI kepada Polri yakni terkait penegakan protokol kesehatan di seluruh Indonesia. Penegakan tersebut termasuk pemberian sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat.

"Karena dengan menggunakan masker saya akan melindungi saudara dan saudara akan melindungi saya dari terpaparnya COVID-19. Sinergi TNI-Polri dan didukung komponen masyarakat lainnya adalah modal dasar menjaga NKRI," ucapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kapolri Listyo Sigit: Polri Tegas Tapi Humanis 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya