Comscore Tracker

Singgung Naturalisasi, Anies Rayakan Hari Air Sedunia di Tepi Ciliwung

Naturalisasi dipilih Anies untuk mencegah banjir Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ciliwung Institute dan warga merayakan hari air sedunia. Perayaan belangsung di Taman Maju Bersama (TMB) Gintung, Bantaran Kali Ciliwung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (22/3/2021).

Anies, dalam sambutannya, menyinggung naturalisasi yang dipilihnya sebagai cara mencegah banjir di Jakarta. Ia mengajak masyarakat bersama-sama mencari cara menyesuaikan kehidupan dengan alam.

"Jadi saat kita bicara naturalisasi, maka bagaimana kita hidup bersama dengan siklus alam, contohnya sungai yang memiliki pasang dan surut, sehingga kita harus membangun dengan mengikuti siklus tersebut,” ujar Anies dalam keterangan tertulisnya.

1. Tanam pohon loa

Singgung Naturalisasi, Anies Rayakan Hari Air Sedunia di Tepi CiliwungGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ciliwung Institute dan warga merayakan hari air sedunia. (Pemprov DKI Jakarta))

Acara perayaan hari air sedunia ini diwarnai dengan penanaman pohon. Anies memilih pohon loa untuk ditanam di bantaran Kali Ciliwung.

Pohon loa dipilih karena memiliki akar yang dapat mengikat tanah. Sehingga, diharapkan ekosistem sungai dapat terjaga dan terhindar dari erosi.

Baca Juga: Ketua DPRD: Pembelian Lahan yang Diusut KPK atas Persetujuan Anies

2. TMB Gintung bisa menjadi tempat parkir air

Singgung Naturalisasi, Anies Rayakan Hari Air Sedunia di Tepi CiliwungIDN Times/Aldila Muharma

Anies menjelaskan adanya TMB Gintung yang merupakan taman di tepian Kali Ciliwung. Taman ini lengkap dengan keberagaman hayati yang dibangun berkolaborasi dengan warga dan komunitas.

Anies mengatakan TMB Gintung berfungsi sebagai pangkalan air saat musim hujan. Sehingga debit air sungai terkontrol.

“Contoh taman ini, yang menjadi kolaborasi bagaimana dimanfaatkan saat surut maupun saat pasang yang menjadi tempat parkir air," kata dia.

3. Bisa juga untuk berkebun warga

Singgung Naturalisasi, Anies Rayakan Hari Air Sedunia di Tepi CiliwungGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemprov DKI)

Sedangkan saat musim kemarau, kata Anies, TBM Gintung bisa dimanfaatkan warga untuk berkebun. Selain itu bisa juga untuk kegiatan alam.

"Kami ingin kolaborasi ini dikembangkan sehingga lebih banyak lagi kegiatan dari warga yang melestarikan alam dengan didukung pemerintah dan pemerintah hadir untuk memastikan bahwa alam terjaga dengan baik,” tambahnya.

Baca Juga: Wagub DKI Sebut Surat Bima Arya soal Sungai Ciliwung Salah Alamat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya