TransJakarta Bakal Buka Bus Academy buat Tambah Keahlian Pengemudi

TransJakarta ingin tambah keterampilan pengemudi busnya

Jakarta, IDN Times - PT TransJakarta bakal membuka Bus Academy untuk menambah keahlian para pengemudi armadanya. Rencana ini disampaikan Direktur Utama TransJakarta, Mochammad Yana Aditya, usai menghadiri rapat dengan Komisi C DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, mengemudikan bus berukuran besar dengan lalu lintas yang padat di Jakarta membutuhkan keahlian khusus, berbeda ketika mengendarai kendaraan biasa.

"Kami ingin pramudi ada keahlian spesifik terkait mengemudi TransJakarta," kata Yana dikutip dari ANTARA

1. Pengemudi juga harus mahir di jalur khusus TransJakarta

TransJakarta Bakal Buka Bus Academy buat Tambah Keahlian PengemudiIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Tak hanya itu, ia menilai para pengemudi juga harus mahir mengemudikan bus TransJakarta di jalur khusus bus. Apalagi luasan jalur bus TransJakarta berbeda dengan jalan biasa.

"Ada keahlian khusus untuk mengemudi BRT (Bus Rapid Transit). Nah itu yang sebenarnya kami ingin jadikan sebuah sekolah namanya Bus Academy," katanya.

TransJakarta saat ini mensosialisasikan kepada operator bus terkait Bus Academy. Sembari, kata Yana, pihaknya melakukan finalisasi perizinan di Kementerian Tenaga Kerja terkait kompetensi pengemudi untuk standardisasi.

Baca Juga: Pengendara Motor Sport Tewas Terlindas Bus TransJakarta di Thamrin

2. TransJakarta bekerja sama dengan 17 operator bus

TransJakarta Bakal Buka Bus Academy buat Tambah Keahlian PengemudiIlustrasi TransJakarta, JPO Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Yana mengungkapkan pihaknya saat ini bekerja sama dengan 17 operator bus. Para operator tersebut, kata dia, merupakan pihak yang selama ini merekrut sebagian besar pengemudi. 

Yana menegaskan TransJakarta melakukan pengawasan tata kelola melalui Standar Prosedur Operasional (SOP). Bus Academy diharapkan bisa melengkapi SOP yang sudah ada demi operasional TransJakarta yang semakin baik.

"Harapannya nanti semua operator juga akan memiliki standar yang sama dengan kami punya," kata Yana.

3. Siapkan tujuh lokasi istirahat pengemudi bus TransJakarta

TransJakarta Bakal Buka Bus Academy buat Tambah Keahlian PengemudiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain Bus Academy, perusahaan BUMD DKI Jakarta itu juga menyiapkan tujuh lokasi istirahat pengemudi bus TransJakarta. Lokasi istirahat itu berada di ujung koridor dan inspeksi rutin sebelum armada beroperasi.

Beberapa upaya tersebut dilakukan untuk memastikan kelayakan pengemudi, keamanan serta kenyamanan operasional.

Dalam dua hari lalu, Minggu (13/3/2022) dan Senin (14/3/2022), TransJakarta menjadi sorotan usai terjadi empat kecelakaan. Dua kecelakaan di antaranya itu menewakan dua orang pengendara motor.

Baca Juga: Dalam 2 Hari Terjadi 4 Kecelakaan Bus TransJakarta, 2 Nyawa Melayang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya