Trending di Twitter, Masjid Istiqlal Ramai Diperbincangkan Warganet

Masjid Istiqlal dikait-kaitkan dengan Puan Maharani

Jakarta, IDN Times - Kata kunci Istiqlal menjadi salah satu yang trending di Twitter pada Jumat (12/3/2021). Ini merujuk pada Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta Pusat.

Hingga pukul 15.47 WIB, lebih dari 3.200 cuitan menyertakan kata kunci Istiqlal. Beberapa di antaranya menulis terkait pernyataan Ketua DPR RI Puan Maharani agar Istiqlal semakin terbuka untuk non-Muslim.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Masjid Istiqlal, Dibangun Nonmuslim dan Beduk Raksasa

1. Beragam cuitan warganet

Trending di Twitter, Masjid Istiqlal Ramai Diperbincangkan WarganetIDN Times/ Dini suciatiningrum

Ada beragam cuitan dari warganet terkait Masjid Istiqlal. Di antaranya mengatakan Istiqlal sejak dulu memang terbuka untuk semua orang.

"Mba puan... Sejak dulu istiqlal bebas untuk non muslim... Karena saya sering ajak teman2saya yg dari agama lain berkunjung ke istiqlal.. Bedanya teman2 saya yg non muslim nggak boleh melaksanakan sholat," tulis akun @Dasmuri8.

Selain itu, ada juga warganet yang mengungkapkan kerap melihat turis asing berwisata di Masjid Istiqlal. Para turis pun ditemani pemandu.

"Lah, kan memang non muslim boleh berkunjung sejak lama. Suka liat turis asing melihat2 masjid istiqlal. Tapi ada pemandunya disana, nggak sembarang muter2," tulis akun @MasAdiJKT.

2. Sejarah singkat Masjid Istiqlal

Trending di Twitter, Masjid Istiqlal Ramai Diperbincangkan WarganetIDN Times/Reza Iqbal

Masjid Istiqlal merupakan masjid negara Republik Indonesia. Bangunan ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan masjid ini diprakarsai Presiden Pertama RI Sukarno. Tepatnya, ditandai dengan terbentuknya Pengurus Harian Yayasan Masjid Istiqlal pada 7 Desember 1954.

Perancang Masjid Istiqlal adalah Friedrich Silaban yang merupakan seorang Kristen Protestan. Friedrich memenangkan kompetisi rancang masjid dengan gagasan tema berupa "Ketuhanan".

3. Masuk destinasi wisata religi

Trending di Twitter, Masjid Istiqlal Ramai Diperbincangkan WarganetObama Berkunjung ke Istiqlal (Dok. Masjid Istiqlal)

Pembangunan Masjid Istiqlal selesai pada 1978, pada era Presiden Kedua Soeharto. Pada 8 Januari 2021, masjid tersebut selesai direnovasi.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan renovasi yang memakan waktu 14 bulan. Total biaya renovasi masjid yang menjadi ikon Indonesia itu sebesar Rp511 miliar.

Sementara, berdasarkan situs jakarta-tourism.go.id, Masjid Istiqlal masuk dalam kategori destinasi wisata religi. Nama Istiqlal diambil dari Bahasa Arab yang memiliki arti merdeka.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut 'New Istiqlal' sebagai Pusat Ekonomi Baru

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya