Urai Kepadatan, Petugas Terapkan Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta

Contraflow di Tol Japek disesuaikan kondisi lapangan

Jakarta, IDN Times - Lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang mengarah ke Jakarta mengalami kepadatan, Minggu (2/1/2022). Untuk mengatasi hal tersebut, petugas Jasa Marga dan kepolisian menerapkan contraflow.

"Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek diterapkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari arah Jawa atau Bandung menuju arah Jakarta," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP La Ode Habibi Ade Jama, dilansir ANTARA.

Ia memperkirakan pada libur Natal dan Tahun Baru banyak warga yang mudik, sehingga arus balik di Tol Japaek hari ini cukup padat.

1. Lokasi pemberlakuan contraflow

Urai Kepadatan, Petugas Terapkan Contraflow di Tol Japek Arah JakartaDok.IDN Times/Istimewa

Habibi menerangkan, pada siang hari, contraflow diterapkan mulai dari KM 61 sampai KM 47 Tol Japek arah Jakarta. Selanjutnya, contraflow pada sore hari diperpanjang, dari KM 65 hingga KM 47.

Habibie menyampaikan penerapan contraflow disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika arus lalu lintas sangat padat maka dilakukan contraflow, namun jika arus lalu lintas kembali lancar maka contraflow dihentikan.

Baca Juga: Polri Catat 772 Kecelakaan Selama Operasi Lilin 2021, Naik 31 Persen

2. Hindari kerumunan di rest area

Urai Kepadatan, Petugas Terapkan Contraflow di Tol Japek Arah JakartaIlustrasi Tol Jakarta-Cikampek (IDN Times/Mahendra)

Sementara itu, Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Trans Jawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan. Misalnya, memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Selain itu, ia juga meminta pengguna tol untuk menghindari kerumunan yang bisa terjadi di rest area.

"Jasa Marga mengimbau agar pengendara memastikan saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, dan membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," kata Corry.

3. Ramai kendaraan tinggalkan wilayah Jabotabek

Urai Kepadatan, Petugas Terapkan Contraflow di Tol Japek Arah JakartaIlustrasi Gerbang Tol Cikunir. (IDN Times/Sunariyah)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 310.193 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-2 sampai dengan H-1 Tahun Baru 2022, atau tanggal 30-31 Desember 2021. Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan angka tersebut didapat dari lalu lintas di empat gerbang tol.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung)," ujar Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Sebelumnya, pada H-8 sampai H-1 Natal, Jasa Marga mencatat 1.276.008 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

“Total volume lalin (lalu lintas) yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,6 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.186.349 kendaraan,” ujar Heru lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Nataru, Dishub Depok Siap Kempiskan-Gembok Roda Mobil di Parkir Liar

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya