Viral Smart SIM Distaples Usai Ditilang, Begini Komentar Warganet

Smart SIM terlubangi staples

Jakarta, IDN Times - Sebuah video menunjukkan smart SIM atau SIM edisi baru menjadi pembicaraan pengguna TikTok. Dalam video tersebut, SIM tampak distaples.

Pengunggah video, akun @okasakha, mengaku awalnya terkena tilang di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pada 20 Januari 2021. Smart SIM tersebut diserahkan sebagai barang bukti.

"Terus sidang tanggal 19 Februari 2021. Setelah itu nunggu SIM dipulangin beberapa minggu kemudian. Tapi, pas sampai rumah, SIM distaples," cerita @okasakha dalam video yang diunggah 6 Maret 2021.

Video itu telah ditonton lebih dari 719,3 ribu kali. Unggahan juga mendapat sekitar 18,1 ribu likes dan 1.018 komentar dari pengguna TikTok.

Baca Juga: Cek di Sini, Syarat hingga Cara Perpanjang SIM Online

1. Sarankan agar smart SIM diberi plastik

Viral Smart SIM Distaples Usai Ditilang, Begini Komentar WarganetTangkapan layar smart SIM terkena staples. (TikTok.com/@okasakha)

Akun @okasakha pun menyarankan kepada petugas terkait agar membungkus smart SIM dengan plastik. Kemudian, plastik tersebut yang distaples dengan dokumen terkait tilang agar tidak rusak.

"Untuk bapak/ibu petugas, kalau bisa diplastik seperti itu, supaya SIM tidak rusak karena staples. Karena bikinnya butuh perjuangan," ujarnya.

Terkait video ini, IDN Times telah menghubungi Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mengonfirmasi. Akan tetapi belum ada respons dari kepolisian.

2. Ragam komentar warganet

@okasakha

Ada yang pernah juga? ##fyp ##sim ##akuikhlas ##foryoupage

♬ Aku Ikhlas - `pepii `友

Video unggahan terkait smart SIM distaples tersebut menuai ragam komentar warganet. Beberapa menduga-duga alasan SIM distaples.

"Memang sengaja distaples, jadi kalau ditilang lagi polisinya tahu kalau kamu sering melanggar lalu lintas, dilihat dari staples berapa kali," tulis akun @jhhhhfghyffg.

"Kalau SIM distaples gitu ada kode dari polisi berarti melawan petugas katanya setahu saya," ungkap akun @muhamadnasir00.

Namun, ada juga warganet yang menyarankan untuk membawa smart SIM yang distaples itu ke polres setempat.

"Kenapa dilepas, kalau tidak terima lebih baik dibiarkan nempel lalu datang ke polres buat ngurus sim rusak, siapa tahu gratis ganti," kata akun @zardly6.

3. Mengenal smart SIM

Viral Smart SIM Distaples Usai Ditilang, Begini Komentar WarganetANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Smart SIM diluncurkan pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 22 September 2019. Model SIM ini dibuat untuk menggantikan SIM lama.

Dilansir indonesia.go.id, smart SIM merupakan bagian dari inovasi Polri berbasis teknologi di bidang lalu lintas. Smart SIM memuat data pelanggaran hingga data kecelakaan pemilik.

Bahkan, smart SIM bisa dipergunakan sebagai uang elektronik untuk membayar tol, parkir, maupun berbelanja. Pengisian saldo maksimal di smart SIM yakni Rp2 juta.

Smart SIM bisa didapatkan saat membuat atau memperpanjang SIM.

Baca Juga: Tidak Perpanjang SIM Hingga 30 Juni? Siap-siap Buat SIM Baru

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya