Comscore Tracker

Waduh! Ular Sanca 4 Meter Sembunyi di Gudang Rumah Warga di Jaktim

Ular berhasil dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Seekor ular sanca ditemukan di Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (14/3/2021). Reptil itu bersembunyi di gudang salah satu rumah warga Kompleks Kartika Jaya.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Jakarta Timur, dalam akun Instagram @damkarjakartatimur, menyebut ular tersebut memiliki panjang sekitar empat meter.

"Posisi ular sanca berada di dalam gudang," kata Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Ular Sanca Sepanjang Tiga Meter Muncul dari Gorong-Gorong di Cilandak 

1. Tiga petugas penyelamat dikerahkan

Ia mengungkapkan, petugas Damkar menerima laporan ada ular di gudang sekitar pukul 09.25 WIB. Sudin Gulkarmat Jakarta Timur pun mengerahkan satu tim penyelamat.

Tim yang berisi tiga orang personel Damkar tersebut langsung menuju rumah warga untuk melakukan evakuasi.

2. Evakuasi ular berjalan lancar

Waduh! Ular Sanca 4 Meter Sembunyi di Gudang Rumah Warga di JaktimPetugas Damkar Kota Cirebon menyerahkan ular piton sanca kembang untuk dilepasliarkan. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut Gatot, saat petugas datang, ular bersembunyi di barang-barang yang ada di gudang. Namun petugas berhasil menemukan ular tersebut.

Ia mengatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam proses evakuasi ular sanca. Evakuasi selesai sekitar pukul 10.00 WIB.

3. Mengenal ular sanca

Waduh! Ular Sanca 4 Meter Sembunyi di Gudang Rumah Warga di JaktimIlustrasi Ular Piton, ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ular sanca masuk dalam keluarga pythonidae. Dikutip dari Britannica, keluarga sanca terdiri dari sekitar empat puluh spesies.

Salah satu spesies yang terkenal adalah sanca kembang (python reticulatus) yang merupakan spesies ular terpanjang di dunia.

Ular sanca kembang adalah ular terpanjang di dunia. Panjangnya bisa mencapai 9,6 meter.

Baca Juga: Sembunyi di Plafon Rumah, Ular Sanca 3 Meter Teror Warga Jakarta Barat

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya